Komunikasi Synchronous: Pengertian, Metode, dan Contoh Mudahnya!

Komunikasi Synchronous-Untuk kamu yang mencari-cari mengenai komunikasi Synchronous, kamu datang ke tempat yang tepat karna di artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan seputar komunikasi Syncrhonous beserta contoh mudahnya yang biasa kita lakukan sehari-hari.

Di jaman sekarang sebenarnya komunikasi Synchronous merupakan komunikasi yang sangat erat kaitannya dengan kita apalagi khususnya untuk kaum anak muda yang gemar bermain media sosial.

Jadi komunikasi Synchronous merupakan hal yang biasa kita lakukan apalagi ketika bermain media sosial maka akan ada banyak sekali kegiatan yang berkaitan erat dengan komunikasi Synchronous.

Untuk kamu yang penasaran mengenai pengertian dari komunikasi Syncrhonous bisa baca selengkapnya di bawah ini mengenai penjelasan lengkap dari komunikasi Synchronous.

Penjelasan Seputar Komunikasi Synchronous

Sebelum mengetahui tentang contoh komunikasi Synchronous, maka sebaiknya cari tahu terlebih dahulu pengertian dari Syncrhonous. Istilah komunikasi Synchronous sebetulnya merujuk kepada bagaimana cara berkomunikasi antara pengirim dan penerima sehingga dapat di terima dengan baik oleh kedua pihak.

Jadi, komunikasi Synchronous tersebut memang di atur sedemikian rupa dengan baik dan terencana. Secara umum pengaturan ini juga di dasarkan kepada waktu tertentu untuk mengirimkan sinyal tertentu. Nantinya waktu tersebut akan di atur oleh denyut listrik yang kemudian di sebut sebagai Clock.

Synchronous juga bisa di artikan sebagai sistem operasi untuk suatu kejadian yang terjadi pada kurun waktu bersamaan, berkesinambungan serta bisa di prediksi. Misalnya, bertelepon. Pasti kegiatan ini seringkali kamu lakukan.

Pada syncronous, kendali akan dikembalikan ke proses pengguna setelah selesainya segala proses yang dikerjakan. Hal ini sangat berbeda dengan asynchronous. Pada komunikasi ini, kendali akan dikembalikan ke proses dari pengguna tanpa perlu menunggu proses selesai.

Hal tersebutlah yang membuat proses dapat dijalankan secara bersamaan. Jika dilihat dari ritme waktu penggunaan, mungkin komunikasi synchronous jauh lebih kerap dilakukan dibandingkan dengan asynchronous. Bahkan Anda sendiri juga sering melakukan proses komunikasi seperti ini.

Metode Komunikasi Synchronous

Pelaksanaan komunikasi Synchronous ternyata juga melibatkan sejumlah metode. Apalagi jika berkaitan dengan pendidikan. Bahkan di sejumlah penelitian ilmiah, hal seperti ini juga kerap di singgung dan di pelajari dengan baik.  Khususnya untuk pembelajaran, maka ada dua metode yang bisa di jalankan.

1. Live Synchronous Learning

Dalam pembelajaran sebetulnya di kenal yang namanya Live Synchronous atau ruang belajar secara tatap muka. Ruang belajar seperti ini di lakukan secara bersamaan atau biasa di sebut sebagai pembelajaran tatap muka. Maka semua kegiatan pembelajaran di sini di adakan dalam ruangan sama.

Sayangnya kegiatan seperti ini belum bisa di lakukan sekarang. Tentunya pandemi sangat membatasi aktivitas bersekolah dan mengikuti pembelajaran seperti biasa. Bahkan banyak sekedar keluar rumah pun terasa sulit di lakukan.

2. Virtual Syncronous Learning

Selain live syncronous learning juga dikenal yang namanya virtual syncronous learning. Ini merupakan metode pembelajar dalam ruang belajar namun secara tatap maya. Jadi, tidak langsung dilakukan secara bersama-sama dalam suatu ruangan tertentu.

Alih-alih demikian, justru pembelajaran dilakukan dalam jangka waktu bersamaan namun pada ruangan berbeda. Misalnya, di rumah, di perpustakaan, di perjalanan dan sebagainya. Di tempat mana pun diperkenankan asalkan tidak secara berdekatan atau dalam lokasi sama.

Contoh Komunikasi Synchronous

Agar lebih memahami seperti apa sebenarnya makna komunikasi syncronous, maka sebaiknya simak beberapa contohnya terlebih dahulu. Beberapa contoh komunikasi syncronous  diantaranya ialah seperti berikut.

1. Chatting

Hampir semua orang pernah melakukan chatting. Dengan demikian, maka mereka sudah melakukan komunikasi daring secara syncronous. Kegiatan chatting yang dimaksud bisa lewat WhatsApp, Telegram, DM Instagram dan sebagainya.

Chatting mempunyai beberapa fungsi di antaranya sebagai sarana berkomunikasi paling mudah, efisien dan cepat, sarana untuk saling melakukan konsultasi, untuk menjalin hubungan dengan orang lain hingga berkumpul dalam grup multiple chat.

2. Video Call

Contoh lainnya dari komunikasi syncronous adalah video call. Lewat video call dua orang lebih bisa berkomunikasi dengan baik. Video call tersebut bisa dilakukan menggunakan Hp maupun laptop dengan software tertentu. Misalnya, WhatsApp, Zoom, Google Meet, Skype dan sebagainya.

Sama halnya seperti chatting, video call juga memiliki fungsi penting sebagai sarana komunikasi masa kini. Fungsi video call di antaranya untuk dapat tetap terhubung dengan orang lain, berdamai dengan emosi di masa pandemi, jauh lebih mudah berkomunikasi baik secara grup maupun personal dan sebagainya.

3. Teleconference

Selain chatting dan video call ternyata juga ada teleconference yang menjadi contoh aktivitas lainnya dari komunikasi syncronous. Saat ini frekuensi penggunaan teleconference semakin banyak dilakukan khususnya bagi perusahaan-perusahaan dengan para klien.

Teleconference akan mempermudah Anda dalam menjalin komunikasi dengan rekan kerja secara formal dan lebih baik lagi. Bahkan cara komunikasi seperti ini selalu diandalkan bagi banyak pekerja kantoran untuk meeting maupun mengadakan suatu diskusi penting secara daring.

Dengan mengetahui contoh komunikasi syncronous, maka kiranya bisa membuat Anda jauh lebih memahami seperti apa pemaknaannya. Saat ingin melakukan komunikasi secara syncronous, sebaiknya cobalah lakukan dengan bijak dan berhati-hati.

Baca Juga: Nokia Luncurkan HP Terbaru Mirip iPhone 13?

Penutup

Itu tadi penjelasan lengkap, metode dan juga contoh dari komunikasi Synchronous yang bisa kami berikan untuk kamu.

Jika ada kekurangan, kritik, dan nuga saran yang ingin di berikan bisa isi di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply