Cara Mudah dan Cepat Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee-Shopee merupakan suatu platform untuk berbelanja online, aplikasi buatan China ini menjadi salah satu aplikasi belanja online yang banyak sekali di minati warga Indonesia.
Hampir semua kalangan usia biasa mulai memilih berbelanja online karna prosesnya yang mudah dan cepat, di tambah dengan situasi saat ini yang menyulitkan kita untuk bisa keluar rumah.
Selain itu belanja online bisa di lakukan di mana pun dan kapan pun, asal kan kamu memiliki koneksi internet proses jual bisa di lakukan tanpa ribet.
Namun terkadang ada beberapa alasan yang bisa membuat kita mengurungkan niat untuk berbelanja online, seperti barang yang tidak tersedia, ketemu dengan harga yang lebih murah, dan lain sebagainya.
Mungkin kamu juga pernah mengalami hal tersebut dan lebih memili membatalkan pembelian, tetapi ada banyak orang yang belum mengetahui cara untuk membatalkan pembelian di Shopee.
Untuk itu kamu bisa membaca artikel ini sampai habis agar bisa dan paham bagaimana prosedur yang benar untuk membatalkan pembelian di aplikasi Shopee.

Cara Mudah dan Cepat Membatalkan Pesanan di Shopee

Sebenarnya ada banyak cara untuk membatalkan pesanan di Shopee, itu semua tergantung dari sudah sampai mana proses transaksi yang kamu lakukan.

Seperti pesanan yang belum di bayar, pesanan yang sudah di kemas, atau pesanan yang sudah di bayar, maka proses pembatalan pesanannya pun menjadi berbeda.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karna di artikel ini akan saya berikan penjelasannya semua dengan mudah dan cepat untuk kamu.

Berikut penjelasan dari tiap masalah di atas.

1. Cara Membatalkan Pesanan Yang Belum di Bayar

Nah untuk kamu yang ingin membatalkan pesanan di Shopee dan kebetulan kamu belum membayarnya, kamu bisa menunggu saja waktu yang di berikan oleh pihak Shopee.

Maka pesanan otomatis akan di batalkan oleh pihak Shopee, namun perlu di ingat cara ini hanya bisa di lakukan jika proses pembayaran bukan COD.

Jika kamu memilih menggunakan COD sebagai metode pembayaran maka kamu harus membatalkan sendiri pesanan tersebut.

Berikut cara untuk membatalkan pesanan secara manual:

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Saya.
  2. Masuk ke menu Pesanan saya.
  3. Jika sudah kemudian masuk ke menu belum di bayar.
  4. Kemudian pilih menu Batalkan Pesanan dan masukkan alasan membatalkan pesanan.
  5. Terakhir silah kan klik konfirmasi, maka proses pembatalan pesanan akan berlangsung.

2. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah di Kemas

Untuk kamu yang ingin membatalkan pesanan di Shopee karna berbagai alasan, namun produk yang kamu pesan sudah di kemas.

Jangan khawatir karna pesanan masih bisa di batalkan, tapi dengan alasan yang jelas dan memang mengharus kan untuk membatalkan pesanan.

Seperti mengganti alamat, atau karna alasan yang bisa di terima lainnya. Jika memang serius ingin membatalkan pesanan di Shopee kamu bisa mengikuti cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee kamu.
  2. Pilih menu Saya di beranda.
  3. Kemudian pilih menu Pesanan Saya.
  4. Dan kemudian pilih menu Dikemas.
  5. Kemudian klik menu Batalkan Pesanan dan masukkan alasan pembatalan, misal: Ingin mengubah alamat pengirim.
  6. Kemudian klik menu Konfirmasi.

Setelah mengikuti cara di atas maka pesanan kamu akan di batalkan oleh pihak toko.

3. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah di Kirim

Nah untuk kamu yang masih ingin membatalkan pesanan di Shopee, namun pesanan sudah di kirim dan dalam perjalanan.

Tentunya kamu tidak bisa sembarangan membatalkan pesanan kecuali dengan alasan yang bisa di terima oleh pihak Shopee.

Karna ketika kamu membatalkan pesanan yang sudah di kirim, maka pihak Shopee akan memberikan ganti rugi kepada pihak toko. Untuk itu kamu memerlu kan alasan yang kuat dan bisa di terima oleh pihak Shopee, maka proses pembatalan bisa di lakukan.

Dan pengajuan pembatalan pembelian produk yang bisa kamu pilih adalah Pengajuan Pengembalian Produk, dan caranya bisa kamu ikuti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee kamu dan masuk ke menu Saya.
  2. Kemudian pilih menu Pesanan Saya dan pilih menu Dikirim.
  3. Kemudian klik pada item atau produk yang ingin kamu batalkan, dan pilih menu pengajuan pengembalian barang.
  4. Kemudian masukkan alasan pembatalan kamu di kolom yang tersedia.
  5. Kemudian berikan beberapa foto dan alasan yang jelas di sana.
  6. Jika sudah silah kan klik menu Kirimkan.

Jika kamu telah mengikuti cara di atas maka pihak Shopee akan memproses pengajuan kamu, setelah itu kamu akan di hubungi oleh pihak Shopee dan silah kan mengikuti arahan dari pihak Shopee sampai selesai.

Baca Juga:5 Cara Mudah Screenshot di Laptop

Untuk itu kamu harus memperhatikan kondisi barang sebelum kamu melakukan pembelian online seperti di Shopee, kamu harus pastikan dulu dengan cara melihat komentar dan riview dari pembeli sebelumnya.
Jika produk tersebut mendapat rating yang bagus dan komentar positif maka kamu bisa percaya bahwa produk tersebut memang bagus.
Selain itu kamu juga harus memastikan setiap detail agar tidak tertipu oleh produk online.
Tapi jika kamu sudah terlanjur memesan maka kamu bisa mengikuti cara yang ada di artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply