Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Anda sedang mencari cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi? Bahkan ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya ruang penyimpanan ponsel kita tetap lega tanpa menghilangkan aplikasi yang sudah ada. Apalagi kalau aplikasi yang kita pasang adalah aplikasi yang sering kita gunakan.

Memori yang penuh ini tentu akan mempengaruhi kinerja ponsel kita, jika ruang penyimpanan penuh tentu kinerja ponsel kita akan menjadi lambat, bahkan bisa nge-lag ketika kita sedang menjalankan aplikasi yang cukup berat, misal kita sedang memainkan game. Tentu ini akan sangat mengganggu kita nantinya.

Ada banyak penyebab ruang penyimpanan bisa penuh. Dengan kita mengetahui penyebab ruang penyimpanan menjadi penuh maka kita bisa mengetahui bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi.

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi, ada baiknya juga agar kita mengetahui apa saja penyebab ruang penyimpanan bisa cepat penuh.

Sehingga jika kita sudah mengetahui apa saja penyebab memori atau ruang penyimpanan cepat penuh, maka ke depannya kita bisa mencegah agar hal-hal tersebut kita hindari.

Ternyata berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat membuat ruang penyimpanan cepat penuh tanpa kita disadari, apa saja? Cek daftarnya berikut ini:

  • Pertama karena sering mengambil foto atau video
  • Kualitas gambar yang kita ambil resolusi HD.
  • Anda sering mengirim atau menerima pesan suara.
  • Sangat sering mengirim atau menerima pesan video.
  • Anda melakukan proses editing video dan gambar menggunakan aplikasi HP.
  • Aplikasi game online dengan ukuran yang besar
  • Membiarkan file-file sampah tidak dihapus.
  • Pengaturan aplikasi chatting auto-save

Sebenarnya ada banyak lagi kebiasaan yang dapat membuat ruang penyimpanan ponsel kita menjadi cepat penuh. Sehingga kita mesti lebih bijak lagi ketika menggunakan ponsel.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Kali ini Teknoking akan berbagi tips dan trik bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi. Apa saja? Silahkan simak pada ulasan berikut ini:

1. Menghapus Cache

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menghapus cache atau riwayat dari aplikasi yang kita gunakan. Semakin sering kita mengoperasikan suatu aplikasi maka file cache aplikasi tersebut akan semakin besar.

Apalagi kalau kita menggunakan aplikasi dengan file-file besar di dalamnya, misal kita menggunakan facebook, maka akan ada banyak file gambar, video atau audio yang membuat cache akan semakin besar.

Cache memang berguna agar aplikasi yang kita gunakan lebih cepat saat kita gunakan, namun hal tersebut memberi konsekuensi berupa ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

Sehingga kita tetap harus membersihkan file cache ini secara rutin, minimal seminggu sekali. Untuk membersihkan file cache ini, silahkan ikuti panduan berikut ini:

  • Pertama silahkan buka menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ pada handphone.
  • Kemudian, buka menu ‘Storage’ atau ‘Penyimpanan’.
  • Setelah itu, buka menu penyimpanan aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya.
  • Terakhir, pilih hapus cache.

2. Pindahkan File dan Aplikasi ke Kartu MicroSD

Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

Tips kedua untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi adalah dengan memindahkan file atau aplikasi yang ada di ruang penyimpanan internal ke SD card.

Berbagai file yang ada di ponsel kamu mungkin tersimpan di ruang penyimpanan internal, sehingga jika kita biarkan terus menerus akan mengakibatkan ruang penyimpanan internal kita menjadi cepat penuh.

Pindahkan file-file tersebut ke memori eksternal mulai dari foto, video, musik, atau aplikasi yang terpasang. Berikut ini cara untuk memindahkan aplikasi tersebut:
  • Pertama silahkan buka menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ pada handphone.
  • Kemudian, pilih menu ‘Applications’. Lalu, klik ‘Application manager’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke microSD.
Jika aplikasi bisa dipindahkan, nantinya kamu akan melihat opsi yang bertuliskan ‘Move to SD card’.
Selain dengan memindahkan aplikasi-aplikasi yang terpasang di ruang penyimpanan internal, anda juga bisa memindahkan file ke memori SD. Berikut ini caranya:

Untuk memindahkan file tersebut, silahkan akses file manager” lalu “penyimpanan internal“. Anda akan melihat folder yang berisi foto, video, musik, dan file lainnya dalam folder download, gallery, DCIM, camera, dan lain-lain.

Pindahkan file-file tersebut dengan cara klik “move” pada file yang akan anda pindahkan, lalu pilih folder penyimpanan di SD card lalu klik “paste“.

3. Hapus File Musik 

File musik juga menjadi salah satu penyebab ruang penyimpanan menjadi cepat penuh. Anda bisa beralih mendengarkan musik secara online dengan berbagai penyedia musik online mulai dari Spotify, JOOX, SoundCloud, dan Mixcloud. Atau anda juga bisa memindahkan file musik yang tersimpan di memori internal ke SD Card.

4. Menyimpan File di Layanan Cloud

Layanan Cloud

Menyimpan berbagai file di layanan cloud juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi ruang penyimpanan ponsel cepat penuh.

Ada banyak penyedia layanan penyimpanan cloud yang bisa anda gunakan secara gratis. Anda dapat menyimpan berbagai file apakah itu dokumen, video, foto dan ain sebagainya di Google Drive atau Dropbox sehingga ruang penyimpanan ponsel anda tidak cepat penuh.

Anda juga bisa mengkonfigurasikan berbagai aplikasi chatting atau aplikasi editing video untuk menyimpan file ke penyimpanan cloud.

Buat kamu yang suka ngedit dengan ponsel, sebaiknya file-file foto atau video mentah tersebut segera kamu hapus dari ponsel agar tidak memenuhi ruang penyimpanan atau anda juga bisa memindahkannya ke ruang penyimpanan cloud untuk arsip.

5. Hapus File Video Download Aplikasi YouTube

Anda suka menyimpan file video youtube secara offline? Kebiasaan menyimpan video yang kita sukai secara offline untuk kita tonton dilain waktu dapat memenuhi ruang penyimpanan ponsel kita, apalagi video-video yang kita simpan memiliki ukuran yang besar dan dalam jumlah yang banyak.

Untuk menghemat ruang penyimpanan ponsel anda, hapuslah video yang sudah tidak akan anda tonton lagi ke depannya. Apalagi kalau anda sudah tonton berulang kali. Jika ruang penyimpanan anda penuh, anda tetap bisa menontonnya secara online di lain waktu. 

6. Memindahkan File ke Laptop

Selain memindahkan ke SD Card, sebaiknya file-file yang ada di ponsel, anda pindahkan ke komputer atau memori eksternal. Terutama file dengan ukuran yang besar.

Anda bisa memindahkan file atau dokumen tersebut dengan menggunakan kabel data ke komputer kamu. Untuk memudahkan kamu mencari file tersebut nantinya, beri nama folder khusus untuk file dari ponsel kita.

7. Beralih ke Aplikasi Versi Ringan

Gunakan aplikasi versi lite via gadgetmatch

Gunakan aplikasi versi lite via gadgetmatch

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah dengan beralih ke aplikasi versi lite yang memiliki ukuran lebih kecil. 

Ada banyak aplikasi versi ringan yang bisa kita gunakan, meski versi ringan tetapi fitur yang ada di dalamnya juga hampir-hampir sama seperti fitur bawaan dari aplikasi normalnya.

Anda dapat beralih ke versi lite atau versi Go seperti facebook lite, instagram lite, youtube go, maps go dan aplikasi ringan lainnya.

Meski aplikasi tersebut ringan, tetapi fiturnya hampir sama dengan versi asli, hanya saja ukuran aplikasi tersebut sudah dikompresi sehingga sangat mendukung untuk anda yang ingin menghemat ruang penyimpanan ponsel.

8. Bersihkan Sampah Memori Secara Rutin

Selain membersihkan cache aplikasi, cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkan sampah file atau dokumen yang anda hapus secara permanan.

File atau dokumen yang kita hapus di ponsel tidak langsung terhapus secara permanen, untuk sementara waktu tertampung di tong sampah. Ini mirip dengan fitur Recycle Bin pada komputer atau laptop.

File tersebut di tampung di tong sampah agar kita bisa mengembalikan file tersebut jika kita butuh sewaktu-waktu. Misal kita menghapus foto mantan, eh ga taunya balikan. Maka kita bisa mengembalikan file yang sudah kita hapus tersebut. Sehingga tidak jadi masalah :D.

9. Menonaktifkan Auto-Save Media di Aplikasi

Menonaktifkan Auto-Save Media di Aplikasi

Menonaktifkan Auto-Save Media di Aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan pada penyebab ruang penyimpanan ponsel cepat penuh adalah salah satunya karena fitur auto-save dari aplikasi chatting yang kita gunakan.

Aplikasi chatting seperti WhatsApp, line, telegram dan lainnya mungkin secara default atau bawaan mengaktifkan fitur auto-save media, sehingga jika ada orang yang mengirim video atau gambar akan secara otomatis langsung terdownload ke ponsel kita.

Padahal tidak jarang gambar atau video yang dikirim tersebut tidak penting. Apalagi kalau ada banyak group yang kita ikuti, tentu ketika anggota group mengirim gambar atau video akan terdownload secara otomatis, ini tentu akan membuat ruang penyimpanan ponsel kita cepat penuh.

Matikan fitur auto-save dari aplikasi chating tersebut. Caranya untuk aplikasi chatting WA, yaitu dengan silahkan anda buka menu setelan atau setting pada aplikasi chatting, lalu pilih penyimpanan dan data, kemudian atur ‘unduh otomatis media’, hilangkan checklist pengaturan penyimpanan otomatis. 

Atau pada aplikasi chatting lainnya silahkan anda klik pada chat room yang terdapat di aplikasi chatting. Setelah itu pilih pada opsi menu “save to camera roll” lalu klik “never“.

10. Bersihkan Sampah Melalui Aplikasi

Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner

Terakhir, anda dapat membersihkan file sampah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat menginstall aplikasi tersebut di google play untuk membersihkan sampah-sampah di ponsel secara instan.

Karena aplikasi-aplikasi pembersih sampah tersebut akan secara otomatis mendeteksi serta merekomendasikan kita untuk menghapus file sampah tersebut.

Ada banyak aplikasi yang dapat anda gunakan seperti CCleaner, SD Maid, 1Tap Cleaner, Files by Google dan lain sebagainya.

Namun tentu saja dengan menginstall aplikasi pihak ketiga ini akan menambah beban untuk ruang penyimpanan ponsel kita. 

***

Demikianlah ulasan mengenai cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang membutuhkannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kartu ATM Disable

Leave a Reply