Penyebab Live Tracking Tokopedia Tidak Bisa & Cara Mengatasinya!

Penyebab Live Tracking Tokopedia Tidak Bisa – Kini kemajuan teknologi semakin bermanfaat bagi kita semua. Seperti halnya melakukan transaksi jual beli bisa dilakukan tanpa harus pergi keluar rumah. Hanya bermodalkan HP dan kuota internet saja. Selain itu kini anda juga tidak lagi repot memikirkan biaya transportasi dan sewa toko yang akan digunakan untuk berjualan.

Cukup mengandalkan bantuan aplikasi marketplace atau biasa disebut e-commerce dalam pelaksanaannya. Salah satu pilihan yang banyak digunakan saat ini adalah Tokopedia. Aplikasi e-commerce yang satu ini bisa membantu anda berjualan secara online. Seperti halnya aplikasi – aplikasi e-commerce lainnya, dimana Tokopedia juga menyediakan berbagai produk yang berasal dari toko di berbagai daerah.

Di dalamnya tersedia berbagai kebutuhan manusia. Selain lengkap, Tokopedia juga menjamin barang milik customer agar lebih transparan. Selain itu di dalam aplikasi juga tersedia berbagai fitur penunjang yang dibutuhkan bagi penjual dan pembeli, salah satunya menyediakan fitur live tracking yang bisa diakses dengan mudah oleh para penggunanya.

Namun belakangan ini banyak pengguna Tokopedia yang mengeluhkan tidak bisa live tracking di Tokopedia. Apa penyebab sebenarnya? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengetahui jawabannya secara pasti, maka anda bisa mengikuti penjelasan dari Teknoking.ID kali ini hingga akhir. Selamat membaca

Mengenal Lebih Jauh Live Tracking Tokopedia

Live Tracking merupakan salah satu fitur yang tersedia di dalam aplikasi e-commerce yang bisa digunakan untuk memberikan informasi mengenai waktu yang terkait dengan kedatangan barang yang sudah anda beli secara online. Uniknya lagi fitur ini juga menyediakan informasi mengenai titik lokasi pemantauan barang sehingga anda bisa mengetahui sampai dimana barang yang anda pesan.

Dengan fitur ini, para pengguna tidak perlu khawatir dengan barang yang sudah dibeli, karena anda bisa melakukan pemantauan barang melalui titik lokasi. Jika nda sudah biasa menggunakan aplikasi belanja online atau e-commerce pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu in. Namun untuk pengguna baru pastinya anda akan merasa bingung saat akan menggunakan fitur Live Tracking ini.

Belum lagi banyak keluhan yang bermunculan akibat mereka tidak bisa menggunakan fitur Live Tracking ini. Banyak yang menyatakan bahwa Tokopedia sedang mengalami gangguan atau error sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya. Namun satu hal yang perlu anda ingat bahwa meski fitur ini sedang error, namun pengiriman barang pesanan anda tetap berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Nah untuk mengetahui apa saja sebenarnya penyebab fitur ini mengalami gangguan atau error, maka simak terus informasinya di bawah ini.

Penyebab Tidak Bisa Menggunakan Fitur Live Tracking Tokopedia

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan kita tidak bisa menggunakan fitur Live Tracking Tokopedia ini. Sehingga menyebabkan tidak bisa dibuka atau digunakan. Mungkin penyebab tersebut bisa saja berasal dari pihak Tokopedia atau juga bisa dari luar, seperti pihak jasa pengiriman barang tersebut.

Berikut beberapa penyebab gangguan Live Tracking Tokopedia, diantaranya :

1. Cache Menumpuk

Salah satu penyebab anda tidak bisa live tracking Tokopedia adalah banyaknya Cache yang menumpuk pada ponsel sehingga sistem operasinya menjadi lambat atau bahkan gagal operasi. Sebaiknya pastikan anda membersihkan cache secara berkala untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Untuk menghapusnya juga mudah sekali.

Pertama masuk ke browser lalu tekan titik tombol tiga, kemudian tinggal menghapus seluruh history atau data penjelajah. Lalu untuk anda yang menggunakannya melalui aplikasi bisa langsung masuk saja ke pengaturan lalu pilih aplikasi terinstal. Lanjut hapus semua cache yang ada.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membersihkan cache yang menumpuk adalah dengan cara otomatis menggunakan aplikasi tambahan yang bisa di download melalui Google Play Store

2. Koneksi Internet Buruk

Penyebab selanjutnya adalah koneksi internet yang anda gunakan buruk atau tidak stabil. Karena dalam mengoperasikan aplikasi ini memang membutuhkan koneksi internet. Tentunya untuk mengatasi masalah tersebut anda harus memiliki ketersediaan koneksi internet yang stabil agar terhindar dari gangguan saat menggunakan fitur Live Tracking Tokopedia

Nah untuk itu coba lakukan restart HP agar ponsel anda siap menerima jaringan internet yang banyak. Anda juga bisa mencoba berpindah ke jaringan Wifi agar mendapatkan  koneksi internet yang lebih baik.

3. Kurir Belum Update Status

Kurir belum update status bisa menjadi penyebab selanjutnya anda tidak bisa mengakses layanan Live Tracking Tokopedia. Dengan begitu lokasi barang yang anda pesan tidak bisa update. Masalah ini terjadi bukan karena kendala yang berarti, namun memang pihak kurir belum mengupdate status barang terakhir kali. Untuk itu sebaiknya sabar menunggu.

4. Server Sedang Maintenance

Kemungkinan terakhir penyebab fitur live tracking tidak bisa digunakan adalah server sedang maintenance. Jika hal ini terjadi maka tidak ada hal yang bisa kita lakukan selain menunggu pihak Tokopedia melakukan perbaikan. Jika kondisi belum juga normal, maka anda bisa menghubungi customer cervice untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Penutup

Sampai disini dulu ulasan singkat dari Teknoking.ID mengenai Penyebab Live Tracking Tokopedia Tidak Bisa. Semoga ulasan kami bisa menjawab seluruh pertanyaan yang muncul mengenai penyebab serta cara mengatasi live Tracking Tokopedia tidak bisa digunakan. sekian dan terima kasih

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pembelian Di Tokopedia

Leave a Reply