Ini Faktor dan Penyebab Harga Bitcoin Anjlok Akibat Inflansi Ekonomi Dunia

Harga Bitcoin Turun-pecan ini aneka mata uang Kripto (cryptocurrency) tengah mengalami penurunan drastis, mulai dari Ethereunm, Tether, Bitcon, dkk. Tercatat selama 24 jam terakhir harga bitcoin turun yang tercatat diangka sekitar Rp 323 juta perkeping, turun 15,82 persen, yang terpantau dari situs web yang biasa mencatat statistic cryptocurrency CoinMarketCap, Selasa, 14 Juni 2022 pagi.

Terjadinya penurunan harga cryptocurrency yang terjadi secara massal terjadi karena banyak hal, menurut sejumlah laporan yang beredar di pasar Kripto. Banyak yang penasaran apa sebenarnya yang menyebabkan harga bitcoin menurun drastis akhir – akhir ini. untuk menjawab semua pertanyaan tersebut mari kita simak ulasan berikut ini hingga akhir.

Baca Juga: Aplikasi NanoVest Benarkah Menghasilkan Uang? Simak Faktanya Berikut!!

Penyebab Harga Bitcoin Menurun

Menurut laporan yang terpercaya penurunan harga bitcoin ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya disebabkan oleh perusahaan jasa peminjaman uang kripto, Network, Celcius yang menangguhkan semua aktivitas perdagangan cryptocurrency, termasuk pertukaran, penarikan serta transfer Kripto di platform mereka.

Melihat kondisi pasar yang sedang tidak baik – baik saja, maka menurut pihak Celcius Network terpaksa menutup aktivitas perdagangan kripto serta harus diterapkan sesegera mungkin. Kondisi pasar yang semakin memburuk membuat pihak Celcius menghentikan sementara semua penarikan, transfer antar akun serta Swap.

Pihak Celcius juga mengatakan “kami mengambil tindakan ini untuk menempatkan Celcius ada posisi yang lebih baik”. pemberhentian aktivitas sementara yang diambil oleh pihak Celsius Network juga bersamaan dengan anjloknya harga token Celcius (CEL) yang mereka terbitkan sendiri dengan kisaran harga Rp. 4.100 per token.

Menurunnya harga token Celcius (CEL) membuat mereka harus memilih untuk menghentikan operasinya sementara waktu. Penangguhan ini juga turut berdampak pada aset Kripto milik nasabah platform tersebut otomatis tidak bisa keluar dari rekening alias dibekukan sementara serta tidak dapat dialihkan kecmana-mana.

Dengan tindakan tersebut bisa saja menimbulkan sentiment negative di pasar Kripto, serta menurunkan berbagai aset-aset yang ada di dalam pasar Kripto.

Penyebab lain dari turunnya harga Bitcoin dkk adalah disebabkan oleh penjualan aset atau pencairan atau likuidasi cryptocurrency yang dilakukan banyak orang. Seorang analis pasar dari perusahaan penjamin aset digital Genesis menyatakan bahwa

“kami melihat proses likuidasi berpengaruh pada penurunan harga mata uang Kripto serta sekaligus menimbulkan sentiment negative di pasar”.  Tercatat dari total likuidasi, Bitcoin yang mengalami likuidasi paling tinggi dengan 271 juta Dollar AS atau sekitar Rp. 4 triliun. Dengan begitu Bitcoin masih redup di zona merah

Baca Juga: Karya Seni Modern NFT!!!

Faktor Lain Penyebab Turunnya Harga Bitcoin

Selain faktor utama penyebab turunnya harga bitcoin seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada faktor lain juga yang mendukung penurunan harga Bitcoin. Dikabarkan situasi pasar AS yang saat ini tengah bergejolak juga menjadi salah satu penyebab turunnya harga Bitcoin, Ethereum dan kawan – kawan, sebagaimana dirangkum dalam Kompas Tekno dari Forbes, Selasa 14 Juni 2022.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Bank Sentral AS yakni Federal Reserve (The Fed) beberapa waktu yang lalu menaikkan suku bunga acuan sebesar 0,5 persen. Dengan tujuan untuk meredam laju inflasi tahunan yang sudah mencapai 8,6 persen. Persentase ini merupakan yang tertinggi selama empat dekade terakhir.

Kenaikan suku bunga ini dikabarkan membangun sentiment negative di pasar awal pekan ini, serta memicu kekhawatiran investor akan resesi ekonomi. Hal tersebut juga berdampak pada tiga indeks saham terbesar di AS kompak mengalami penurunan.

Hal lain yang cukup mengkhawatirkan adalah turunnya harga saham perusahaan – perusahaan besar asal AS muai dari Google, Meta, Microsoft, dan lain sebagainya akibat dari turunnya level tiga indeks saham besar di AS.  

Pelemahan harga Kripto juga terjadi pada aset Kripto BNB yang menyentuh persentase 8,73 persen pada level 197,19 dollar AS.

Baca Juga: Viral Penampakan SCP 009 di Samudra Atlantik, Berikut Link Videonya!

 Penutup

Itu tadi sederet informasi mengenai penyebab penurunan harga Bitcoin dan kawan-kawan sejak beberapa pekan terakhir ini. gejolak pasar AS ternyata juga berimbas pada penurunan harga Bitcoin. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai perkembangan pasar dunia. Selamat membaca dan terima kasih.

Leave a Reply