Cara Mudah dan Cepat Membatalkan Pesanan di Shopee
Sebenarnya ada banyak cara untuk membatalkan pesanan di Shopee, itu semua tergantung dari sudah sampai mana proses transaksi yang kamu lakukan.
Seperti pesanan yang belum di bayar, pesanan yang sudah di kemas, atau pesanan yang sudah di bayar, maka proses pembatalan pesanannya pun menjadi berbeda.
Tapi kamu tidak perlu khawatir karna di artikel ini akan saya berikan penjelasannya semua dengan mudah dan cepat untuk kamu.
Berikut penjelasan dari tiap masalah di atas.
1. Cara Membatalkan Pesanan Yang Belum di Bayar
Nah untuk kamu yang ingin membatalkan pesanan di Shopee dan kebetulan kamu belum membayarnya, kamu bisa menunggu saja waktu yang di berikan oleh pihak Shopee.
Maka pesanan otomatis akan di batalkan oleh pihak Shopee, namun perlu di ingat cara ini hanya bisa di lakukan jika proses pembayaran bukan COD.
Jika kamu memilih menggunakan COD sebagai metode pembayaran maka kamu harus membatalkan sendiri pesanan tersebut.
Berikut cara untuk membatalkan pesanan secara manual:
- Buka aplikasi Shopee dan masuk ke menu Saya.
- Masuk ke menu Pesanan saya.
- Jika sudah kemudian masuk ke menu belum di bayar.
- Kemudian pilih menu Batalkan Pesanan dan masukkan alasan membatalkan pesanan.
- Terakhir silah kan klik konfirmasi, maka proses pembatalan pesanan akan berlangsung.
2. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah di Kemas
Untuk kamu yang ingin membatalkan pesanan di Shopee karna berbagai alasan, namun produk yang kamu pesan sudah di kemas.
Jangan khawatir karna pesanan masih bisa di batalkan, tapi dengan alasan yang jelas dan memang mengharus kan untuk membatalkan pesanan.
Seperti mengganti alamat, atau karna alasan yang bisa di terima lainnya. Jika memang serius ingin membatalkan pesanan di Shopee kamu bisa mengikuti cara di bawah ini:
- Buka aplikasi Shopee kamu.
- Pilih menu Saya di beranda.
- Kemudian pilih menu Pesanan Saya.
- Dan kemudian pilih menu Dikemas.
- Kemudian klik menu Batalkan Pesanan dan masukkan alasan pembatalan, misal: Ingin mengubah alamat pengirim.
- Kemudian klik menu Konfirmasi.
Setelah mengikuti cara di atas maka pesanan kamu akan di batalkan oleh pihak toko.
3. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah di Kirim
Nah untuk kamu yang masih ingin membatalkan pesanan di Shopee, namun pesanan sudah di kirim dan dalam perjalanan.
Tentunya kamu tidak bisa sembarangan membatalkan pesanan kecuali dengan alasan yang bisa di terima oleh pihak Shopee.
Karna ketika kamu membatalkan pesanan yang sudah di kirim, maka pihak Shopee akan memberikan ganti rugi kepada pihak toko. Untuk itu kamu memerlu kan alasan yang kuat dan bisa di terima oleh pihak Shopee, maka proses pembatalan bisa di lakukan.
Dan pengajuan pembatalan pembelian produk yang bisa kamu pilih adalah Pengajuan Pengembalian Produk, dan caranya bisa kamu ikuti di bawah ini:
- Buka aplikasi Shopee kamu dan masuk ke menu Saya.
- Kemudian pilih menu Pesanan Saya dan pilih menu Dikirim.
- Kemudian klik pada item atau produk yang ingin kamu batalkan, dan pilih menu pengajuan pengembalian barang.
- Kemudian masukkan alasan pembatalan kamu di kolom yang tersedia.
- Kemudian berikan beberapa foto dan alasan yang jelas di sana.
- Jika sudah silah kan klik menu Kirimkan.
Jika kamu telah mengikuti cara di atas maka pihak Shopee akan memproses pengajuan kamu, setelah itu kamu akan di hubungi oleh pihak Shopee dan silah kan mengikuti arahan dari pihak Shopee sampai selesai.
Baca Juga: 5 Cara Mudah Screenshot di Laptop
Baca juga: Cara Pesan Shopee Food