Cara Mengatasi Penggunaan RAM Android yang Penuh (Over)

Cara Mengatasi RAM Android Selalu Penuh – Dewasa ini penggunaan ponsel sudah tidak hanya berkutat pada nelpon dan sms saja, atau sekedar chatting saja, tetapi sudah merambah ke dunia gaming, bahkan editing.

Kini kegunaan smartphone sudah sangat kompleks sekali, mulai dari kebutuhan pribadi, hiburan bahkan sampai dunia kerja juga tidak ketinggalan.

Hal ini tentu saja karena fitur smartphone yang semakin lengkap dan memudahkan semua urusan orang. Bahkan smartphone bisa dibilang sebagai kantor yang berjalan.

Berbagai keperluan kerja kini sudah ada di smartphone, mulai dari office untuk dokumen, kine master untuk edit video, dan berbagai aplikasi lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan gratis di Google Play.

Hal ini tentu sangat memudahkan kita, karena kita tidak perlu lagi membawa perangkat laptop yang cukup besar untuk kita bawa kemana-mana, cukup dengan smartphone di genggaman kita, semua sudah terkover dengan baik.

Kini sudah ada banyak sekali pilihan smartphone yang tersedia, mulai dari yang murah meriah ratusan ribu hingga yang jutaan bahkan puluhan juta, semua tersedia dan bisa kita miliki, sesuai dengan budget yang kita punya.

Membeli ponsel tentu haru kita sesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari, misal kita adalah seorang gamer, maka kita butuh ponsel dengan spek tinggi, karena game-game sekarang ini membutuhkan RAM hingga prosesor yang mempuni untuk menunjang aktivitas gaming kita.

Buat gamer sejati, ketika anda memilih smartphone maka minimal prosesor smartphone yang akan anda pilih minimal adalah punya processor Quad-Core atau lebih tinggi. Disini jelas sekali, jika spesifikasi ponsel yang kita punya tinggi maka performa ponsel kita juga akan prima.

Selain prosesor yang menjadi pertimbangan, smartphone juga sama dengan PC atau laptop, memiliki RAM yang juga menjadi pertimbangan sebelum membeli ponsel pilihan kamu.

Istilah RAM dalam spesifikasi android yang merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory ini tentu juga  menjadi pertimbangan penting sebelum kita membeli ponsel, karena dengan RAM yang mempuni, kita bisa mengoprasikan aplikasi-aplikasi berat sekalipun pada ponsel android dapat berjalan dengan lancar.

Jadi kita mesti juga memperhatikan jumlah RAM dari android yang akan kita beli, sehingga ponsel kita dapat mengelola aplikasi dengan baik, tentu akan berpengaruh pada kinerja RAM yang akan bekerja lebih keras.

Baca juga: Cara Flash Asus X014D

Cara Mengatasi RAM Android Selalu Over

Nah, pada kesempatan kali ini Teknoking akan memberikan beberapa tips bagi pengguna smartphone untuk mengatasi mengatasi RAM pada android yang selalu over. Yang dimaksud Over disini adalah penggunaan RAM pada android memakan jumlah yang banyak.

Apa saja? Berikut ini diantaranya:

  • Pertama yang harus kita lakukan adalah, silahkan perhatikan mana saja aplikasi yang memakan RAM banyak, biasanya aplikasi tersebut adalah aplikasi yang login atau sedang berjalan, seperti BBM, Instagram, Facebook, dll.
  • Pakai aplikasi secukupnya, apabila dirasa aplikasi yang kamu instal tidak penting lebih baik di hapus agar memberikan ruang kinerja RAM pada android.
  • Jika kinerja RAM pada Android benar-benar Over dan tidak harus menghapus aplikasi tersebut, maka ada baiknya kamu melakukan pemberhentian paksa atau “Force Stop pada aplikasi yang memakan RAM banyak.
  • Cara melakukan “Force Stop” dengan menuju ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > “Force Stop” atau Paksa Berhenti.
  • Kamu juga bisa melakukan Stop pada Running Service yang berjalan di menu “Running”  atau yang sedang berjalan di androidmu.
  • Gunakan Background Data secukupnya. Background Data adalah aplikasi yang sebenarnya berjalan tetapi tidak terlihat prosesnya.
  • Lebih baik tidak menggunakan Live Wallpaper atau gambar berjalan pada menu Home Screen. Karena akan membuat kinerja android menjadi lebih berat.
  • Aplikasi penghemat baterai atau sejenisnya justru tidak berguna dan memakan RAM, lebih baik menghapus aplikasi tersebut.
  • Jika dirasa aplikasi yang berjalan seperti social media tidak terlalu penting, lebih baik melakukan Log Out akun agar tidak membebani RAM.
  • Pergunakan RAM sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

***
Demikian saja panduan bagaimana cara mengatasi RAM android selalu over dari kami. Sebenarnya masih ada beberapa tips yang bisa anda lakukan yang lainnya, namun jika anda menjalankan tips di atas saja, maka anda dijamin tidak akan over lagi.

Atau cara yang paling jitu adalah dengan membeli ponsel android yang memiki Processor dan RAM yang besar., sehingga anda bisa lebih puas lagi dalam mengoperasikan berbagai aplikasi besar sekalipun.

Leave a Reply