11 Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar, Langsung di ACC Dosen!

Cara Membuat Makalah yang Benar – Artikel dan makalah adalah jenis tulisan non fiksi yang berisi informasi tertentu. Untuk membuat tulisan  yang menarik dan informatif, dibutuhkan cara dan tips tertentu. Jika anda saat ini akan membuat keduanya, simak dulu beberapa tips menulis artikel/makalah di Microsoft Word berikut ini.

Pengertian Makalah Menurut KBBI

Kalau kita tinjau pengertian makalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kita akan mendapatkan 2 makna dari malah itu sendiri.

Untuk pengertian yang pertama yaitu, tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang disusun untuk diterbitkan.

Sementara untuk pengertian makalah yang kedua adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Tidak jarang juga orang beranggapan bahwa makalah, paper, dan jurnal ilmiah merupakan suatu produk yang sama.  Padahal ketika produk tersebut punya karakter dan tujuan yang berbeda-beda.

Senada dengan karya tulis lainnya, makalah juga memiliki struktur yang mesti di perhatikan, berikut ini adalah struktur dan cara membuat makalah yang baik dan benar berikut ini:

Struktur Makalah

Berikut ini adalah struktur dari makalah yang mesti anda perhatikan:

1. Cover

Cover makalah via Makalahku

Cover makalah via Makalahku

Bagian pertama dari makalah adalah Cover atau sampul yang berisikan judul, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat, dan tahun terbit.

Untuk tata letak cover sendiri sebaiknya penulisan menggunakan aturan rata tengah (center) agar cover terlihat lebih rapi dan bagus.

2. Kata Pengantar

Kata Pengantar via Tutorialbahasainggris

Kata Pengantar via Tutorialbahasainggris

Selanjutnya ada bagian kata pengantar yang memiliki sisi berupa rangkuman dari isi makalah secara menyeluruh, namun tidak spesifik dan detail.

Pada kata pengantar ini juga memiliki isi penjelasan waktu penulisan makalah, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang ikut mengarahkan cara membuat makalah.

3. Daftar Isi

Daftar Isi via Graamedia

Daftar Isi via Graamedia

Dalam makalah juga mesti ada daftar isi yang berisikan halaman dari konten dalam makalah yang kita buat

4. Pendahuluan

Pendahuluan via Mapel

Pendahuluan via Mapel

Makalah juga memiliki struktur berupa pendahuluan, dimana pendahuluan ini sendiri merupakan pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah yang disusun dari sudut pandang penulis. Untuk bagian pendahuluan sendiri pada umumnya memiliki 3 subbab yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan.

5. Latar Belakang

Struktur makalah selanjutnya adalah Latar Belakang yang menjabarkan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisis dalam makalah.

6. Rumusan Masalah

Selanjutnya ada halaman rumusan masalah yang menjabarkan hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

Untuk bagian rumusan masalah ini pada umumnya isinya singkat, padat, serta berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti.

7. Tujuan Pembahasan

Ada pun struktur tujuan pembahasan ini isinya berupa manfaat penelitian yang akan dilakukan setelah ditemukan hasil atau kesimpulan permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

Bagian ini biasanya ditulis secara singkat, namun menggambarkan manfaat penelitian kepada pembaca.

8. Pembahasan

Pembahasan via Mardinata

Pembahasan via Mardinata

Bagian isi ini merupakan inti dari makalah yang akan kita buat. Bagian isi ini akan menguraikan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan.

Bagian Pembahasan atau isi ini juga menampilkan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran sebagai rangkaian cara membuat makalah.

9. Kesimpulan

Kesimpulan via Uprint

Kesimpulan via Uprint

Setelah kita menguraikan berbagai topik pada isi atau pembahasan makalah, maka selanjutnya kita menyimpulkannya dalam halaman kesimpulan. Halaman ini sendiri merupakan penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan.

Di bagian kesimpulan ini berisi penjelasan tentang apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

10. Saran

Selanjutnya ada juga halaman saran yang dibuat untuk pembaca pada umumnya yang bisa diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan.

11. Penutup

Bagian penutup dari makalah ini sendiri pada umumnya berisi harapan penulis kepada pembaca yang isinya bisa berupa kesan dan pesan, serta ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penulis.

Biasanya dalam penulisan penutup pada makalah juga perlu diuraikan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka

Bagian terakhir dari struktur makalah adalah daftar pustaka yang merupakan daftar referensi yang kita pakai selama membuat makalah, bisa berupa jurnal, buku, koran, maupun internet.

Untuk penyususn daftar pustaka sendiri mesti secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

Cara Membuat Makalah yang Benar

Isi dalam artikel pun tidak kalah penting dari format penulisan. Agar didapatkan artikel/makalah yang enak dibaca dan berbobot, cobalah beberapa tips berikut. Dengan menerapkan tips ini, menulis artikel/makalah bisa jadi lebih mudah.

1. Tentukan Topik Pembahasan

Tips yang pertama adalah menentukan topik pembahasan yang akan kita ulas dalam makalah. Langkah ini menjadi sangat krusial karena akan menentukan langkah kita selanjutnya.

Sebaiknya anda memilih tema yang anda kuasai, mudah mendapatkan referensi serta tidak terlalu berat topiknya. Jika kita mendapatkan mendapat tugas dari guru/dosen dan temanya telah ditentukan, maka kita cukup melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Tentukan Judul Makalah

Setelah kita menentukan topik pembasahan, maka selanjutnya kita mesti menentukan judul dari makalah yang akan kita buat. Judul sendiri mesti menggambarkan dari keseluruhan isi makalah yang akan kita buat.

Judul makalah ini memiliki peran yang sangat vital. Anda mesti membuat judul yang menarik sehingga pembaca akan tergelitik untuk membacah makalah anda.

3. Lakukan Riset atau Mencari Sumber yang Cukup

Dalam menulis dibutuhkan ide atau landasan. Agar menjadi tulisan yang kuat dan berbobot dibutuhkan ide atau info yang berkaitan dengan topik yang akan Anda tulis. Oleh karena itu, bacalah minimal 3 sumber agar artikel Anda informatif. Gunakan sumber yang valid sesuai dengan topik.

4. Baca Artikel Serupa Sebagai Referensi

Setelah mendapat ide, mungkin Anda kesulitan dalam menuangkannya. Membaca artikel serupa akan memberikan Anda gambaran mengenai urutan penyampaian ide misal dari umum ke spesifik. Anda pun bisa melihat kelebihan dan kekurangan artikel referensi untuk memutakhirkan tulisan Anda.

5. Buat Draf

Draft meliputi poin-poin yang akan Anda sampaikan. Draft akan menggambarkan runtutan ide dalam tulisan Anda secara kasar. Setelah draft pertama selesai, Anda perlu menimbang dan membuat revisi jika memang diperlukan. Draft akhir akan menjadi panduan Anda selama proses penulisan artikel.

6. Tulis Makalah Secara Sistematis

Step selanjutnya adalah kita mesti menyusun makalah dalam bentuk yang tersistematis sesuai dengan kaidah dan struktur bakunya yang sudah kita ulas di atas. Silahkan anda tulis mulai dari pendahuluan, kemudian isi makalah, baru tutup dengan kesimpulan yang jelas.

7. Baca Ulang atau Proofread

Setelah penulisan selesai, bukan berarti tulisan artikel/makalah Anda jadi. Ibarat roti, roti Anda masih panas dan belum bisa dinikmati. Tinggalkan tulisan beberapa saat, lalu baca kembali. Cari kesalahan atau penuangan ide yang tidak sesuai dan perbaiki. Anda juga bisa meminta bantuan proofreader.

Baca juga: 6 Cara Membuat Brosur di Word

Mengatur Teknik Penulisan di Microsoft Word

Sebelum membaca isi sebuah artikel dan makalah, pembaca pasti akan melihat format penulisan tulisan tersebut. Format ini meliputi jenis, ukuran, spasi, warna dan batas tepi. Mengenai format, beberapa tulisan memiliki aturan tersendiri. Itulah kenapa banyak artikel/makalah yang bervariasi.

Mengingat pentingnya format penulisan, penulis harus mengerti aturan baku misalnya batas tepi 4333  untuk artikel ilmiah level universitas. Bebas atau dengan aturan, penulis sebaiknya mengerti fitur-fiturMs Word untuk mengatur format tulisan. Secara umum, inilah cara dan fitur yang biasa digunakan.

1. Mengatur Tata Letak Halaman

Tata letak atau layout meliputi jenis dan ukuran kertas, orientasi kertas (tegak atau lanskap), dan batas tepi. Pengaturan ini dapat dilakukan di bagian Tab Layout. Untuk batas tepi, Anda bisa memilih ‘Margins’. Tersedia beberapa pilihan batas tepi misalnya 2,54 cm untuk atas, bawah, kanan dan kiri.

Jika tidak sesuai, Anda bisa mengaturnya sendiri di bagian ‘Custom Margins’. Jika satuan yang Anda gunakan masih inci dan ingin Anda ubah ke cm, ikuti arahan berikut: klik File-Options-Advanced-Display lalu pilih satuan yang diinginkan. ‘Orientation’ untuk orientasi kertas dan ‘Size’ untuk ukuran.

2. Menyisipkan Referensi (Kutipan)

Untuk artikel dan makalah ilmiah, referensi adalah hal yang penting. Anda tidak perlu mengetik sumber kutipan secara manual. Anda hanya perlu ke ‘’Tab References’ klik ‘Insert Citation’ dan pilih ‘Add New Source’. Lalu muncul kolom baru yang berisi info sumber kutipan (nama penulis, judul dsb).

Isi kolom tersebut. Lalu carilah paragraf yang berisi kutipan dari sumber tersebut. Klik kursor pada paragraf tersebut. Kembali ke ‘Tab References’, klik ‘Style’ untuk jenis kutipan, contohnya klik APA style. Klik ‘Insert Citation’ lagi, maka muncul sumber yang ditulis tadi sesuai dengan jenis kutipan.

3. Menyertakan Header dan Footer (Nomor Halaman)

Klik dua kali pada bagian atas/bawah halaman, maka Anda dapat menyisipkan header/footer yang diinginkan. Klik ‘Page Number’ untuk menyisipkan nomor halaman yang Anda inginkan. Selain itu Anda juga bisa melakukannya lewat ‘Tab Insert’ dan pilih ‘Header’ dan ‘Footer’ atau ‘Page Number’.

4. Mengatur Jenis Paragraf

Jenis paragraf meliputi rata kiri, kanan atau tengah. Pengaturan ini dapat dilakukan pada ‘Tab Home’ dan bagian ‘Paragraph’. Tersedia beberapa ikon sesuai dengan jenis paragraf yang diinginkan. Agar paragraf berbentuk kolom, klik Tab PageLayout-Columns dan pilih jumlah kolom yang diinginkan.

*                  *                  *                  *                  *

Setelah membaca cara membuat makalah yang baik dan benar di atas, hal terakhir yang wajib Anda lakukan adalah mencobanya. Tips tidak akan terasa tanpa praktek. Ayo segera tulis artikel/makalahmu dan selamat mencoba tips-tipsnya!

Baca juga: Cara Membuat CV di Word & Canva

Leave a Reply