Cara Cepat dan Mudah Membuat Artikel Untuk Pemula

Membuat Artikel Untuk Pemula-Artikel adalah sebuah karya tulis yang di buat untuk menyampaikan informasi yang ada di dalamnya berupa gagasan atau fakta yang biasanya untuk bidang pendidikan dan pengetahuan.

Selain itu berisi gagasan dan fakta beberapa artikel juga berisi karangan yang bertujuan menghibur pembacanya yang bisa mendatangkan keuntungan untuk penulis.

Membuat artikel sendiri bisa di bilang tidak terlalu sulit untuk beberapa penulis namun tidak untuk kebanyakan orang awam, untuk itu saya membuat artikel ini untuk para pemula yang ingin membuat artikelnya sendiri.

Jenis-Jenis Artikel

Sebelum mengetahui cara untuk membuat artikel kamu perlu mengetahui pembagian dari jenis artikel, agar lebih mudah memahami cara untuk membuat artikel yang benar.

Kamu juga bisa menetapkan jenis artikel apa yang akan kamu tulis dengan mengetahui jenisnya, untuk lebih jelasnya silah kan baca penjelasan di bawah ini.

1. Artikel Deskripsi

Artikel pertama yang perlu kamu ketahui adalah artikel deskripsi yang mana artikel ini memiliki pengertian sebagai artikel yang menggambarkan suatu objek dengan fakta yang sebenar-benarnya tanpa ada tambahan atau pun pengurangan sedikit pun.

2. Artikel Narasi

Jenis artikel selanjutnya adalah jenis artikel narasi yang memiliki pengertian sebagai artikel yang memberikan informasi kepada pembaca melalui cerita baik itu keadaan, situasi, konflik dan lain sebagainya.

Jenis artikel ini biasanya memiliki peminat pembaca yang lebih banyak di banding yang lainnya karna cerita menarik yang ada di dalamnya.

Artikel narasi sendiri biasanya berbentuk sebagai novel, cerpen, drama dan buku cerita lainnya, dengan konflik yang menarik serta informasi yang menjadikan artikel jenis ini banyak di minati para pembaca.

3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel yang ketiga adalah artikel eksposisi yang memiliki pengertian sebagai artikel yang menyampaikan informasinya berupa langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang di tulis secara terperinci.

Artikel eksposisi juga bisa di samakan dengan tutorial dalam bentuk tulisan, yang biasanya penulis menaruh opini pribadinya di artikel eksposisinya.

4. Artikel Persuasi

Jenis artikel yang terakhir adalah artikel persuasi yang memiliki pengertian sebagai sebuah artikel atau tulisan yang memberikan motivasi kepada pembacanya.

Biasanya artikel ini banyak di tulis dengan tujuan periklanan produk, di mana para pebisnis mengajak pembaca untuk membeli produknya.

Artikel persuasi juga bisa mengartikan sebagai artikel yang mengajak para pembaca untuk bergerak setelah membaca tulisannya, untuk itulah di sebut sebagai artikel motivasi.

Membuat Artikel Untuk Pemula

Setelah kamu membaca jenis-jenis artikel yang ada di atas, kemudian kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk membuat artikel dengan membaca penjelasan di awah ini.

1. Menentukan Tema

Tema merupakan ide poko dari sebuah tulisan jadi untuk memulai membuat artikel kamu perlu menentukan ide dari tulisan atau yang biasa di sebut sebagai tema.

Misal tema yang kamu angkat untuk tulisan kamu adalah Sepak bola, maka kamu akan membahas tentang sepak bola di tulisan kamu.

Sebagai pemula kamu perlu mencari ide pokok yang ringan terlebih dahulu, atau yang tidak terlalu sulit untuk dibahas, bisa berupa hobi, kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

2. Sudut Pandang

Langkah selanjutnya adalah menentukan sudut pandang untuk tulisan kamu, dengan sudut pandang yang baik maka semakin baik pula pembahasan tulisan kamu.

3. Referensi

Langkah selanjutnya adalah mencari referensi atau pengetahuan tentang tulisan yang akan kamu buat, bisa kamu sesuaikan dengan tema yang telah kamu tentukan di awal.

Pada saat ini referensi sendiri bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah di internet, buku, majalah, koran dan banyak media lainnya, jadi kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan untuk diri kamu sendiri.

4. Bahan

Kemudian setelah kamu mendapat pengetahuan dari referensi yang kamu baca pada tahap ketiga, kamu bisa mulai mengumpulkan bahan untuk memulai menulis.

Bahan di sini bisa di artikan sebagai acuan atau contoh untuk tulisan kamu, jadi kamu bisa mencari tulisan lain yang memiliki tema yang mirip dengan tema kamu.

Nah kamu juga bisa mencarinya di internet atau buku-buku yang sesuai dengan tulisan kamu, semakin banyak bahan yang bisa kamu kumpulkan maka semakin banyak informasi yang kamu dapatkan dan bisa kamu sampaikan di tulisan kamu.

5. Menulis

Setelah kamu selesai dengan tahapan yang ada di atas maka kamu bisa mulai mencurahkan semua ide yang ada di kepala kamu dalam  bentuk tulisan.

Agar mendapatkan hasil yang bagus kamu perlu memperhatikan tulisan kamu agar sesuai dengan KBBI, selain itu juga menunjukkan profesionalitas kamu sebagai penulis.

setelah kamu selesai dengan tahapan menulis artikel di atas, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis artikel.

1. Tidak Bohong

Untuk kebaikan kamu dan tulisan kamu, maka perlu di perhatikan informasi yang di sampaikan berupa fakta dan tidak ada kebohongan di dalamnya.

Jadi kamu perlu mengumpulkan tiap fakta dengan sebenar-benarnya tanpa adanya kebohongan.

Sebagai penulis kamu harus siap bertanggung jawab pada tulisan yang kamu buat untuk itu kamu perlu kejujuran dalam menyampaikan setiap informasi.

2. Tidak Merendahkan Pihak Lain

Dalam menulis sering kali terdapat unek-unek yang ingin di sampaikan dalam bentuk tulisan, biasanya setiap penulis memiliki kritik terhadap kehidupan yang di nilainya menyalahi norma masyarakat.

Untuk itu banyak penulis yang melakukan kritik pada hal-hal yang dianggapnya janggal, namun agar tidak menyinggung berbagai pihak kamu jangan sampai merendahkan dan menjatuhkan martabat seseorang meskipun itu sebuah kritik.

Karna ada pasal yang bisa menjerat kamu berupa UU ITE yang beberapa tahun belakang di perdebatkan.

Setelah membaca artikel di atas semoga kamu bisa membuat artikel kamu sendiri dengan baik dan mudah, untuk bisa membuat artikel sendiri hal pertama yang kamu perlukan adalah memulai.
Dengan memulai maka di pastikan kamu akan mencoba terus sampai selesai apa yang telah kamu mulai, apabila kamu hanya membaca dan berniat tanpa memulai langkah awal maka akan sulit untuk bisa menyelesaikan artikel pertama kamu.
Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir dan selamat mencoba.

Leave a Reply