Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Cara cek tagihan listrik lewat hp android mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal dengan pelanggan PLN bisa menggunakan ponsel mereka untuk mengetahui berapa besaran tagihan listrik mereka.

Hari ini kebutuhan akan listrik tentu sudah menjadi kebutuhan primer. Listrik sudah menjadi penunjang kehidupan kita sehari-hari, apakah untuk kebutuhan rumah tangga, pabrik, sampai kebutuhan yang besar-besar dalam skala negara.

Tanpa listrik ibu rumah tangga akan kesulitan untuk mencuci baju, tanpa listrik pekerja pabrik tidak dapat mengoperasikan mesin-mesin produksinya, tanpa listrik kantor-kantor tidak dapat berjalan dengan baik. Dan masih ada banyak sekali contoh-contoh kebutuhan manusia akan listrik.

Listrik sendiri secara resmi dikelola dan dihasilkan oleh PLN atau Perusahaan Listrik Negara. PLN sendiri sudah sejak dahulu bertugas untuk memenuhi kebutuhan listrik kita. Semua listrik yang dipakai di Indonesia sendiri dikelola oleh PT PLN Persero Tbk.

Semua perangkat elektronik membutuhkan listrik untuk menggunakannya. Bisa dibayangkan kalau listrik mati selama 24 jam di rumah kita, tentu kita akan mengalami kesusahan, mulai dari gelap saat malam hari, tidak mencharge ponsel, tidak bisa menonton TV, alat pendingin tidak bisa kita nyalakan dan lain sebagainya.

Penggunaan perangkat listrik yang banyak ini akan memberikan konsekuensi tagihan listrik yang mahal. Agar tagihan listrik kita tidak jebol, maka kita harus bisa mengontrol pemakaian alat-alat listrik tersebut.

Agar tetap bisa mengontrol pemakaian listrik supaya tidak melebihi budget bulanan, maka kita sebaiknya mengecek pemakaian listrik secara berkala.

Kita bisa mengecek pemakaian listrik secara berkala ke kantor PLN terdekat. Namun tentu saja ini akan membuat kita repot harus pergi ke kantor PLN.

Anda pasti tidak sempat bukan? Nah, untuk memudahkan mengontrol dan mengetahui besaran tagihan listrik anda bisa anda lakukan dengan menggunakan smartphone anda. Jadi tidak perlu repot-repot pergi ke kantor PLN, cukup dengan klik klik klik, anda sudah bisa mengetahui berapa tagihan listrik di rumah anda.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Kali ini Teknoking akan berbagi tips kepada anda untuk bisa mengetahui berapa tagihan listrik anda selama sebulan ini. Anda dapat menggunakan aplikasi cek tagihan listrik yang bisa anda dapatkan secara gratis di Google Playstore. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pada ulasan berikut ini:

1. PLN Mobile Apk

Untuk mengecek berapa tagihan listrik di rumah anda, bisa anda lakukan dengan bantuan aplikasi PLN Mobile. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Playstore. PLN mobile sendiri sampai tulisan ini dibuat sudah diunduh lebih dari 5juta pengguna ponsel Android.

Dengan menggunakan aplikasi ini pelanggan PLN bisa dengan mudah mengetahui berapa tagihan listrik mereka. Berikut ini panduan untuk menggunakan aplikasi ini:

  • Pertama silahkan  Install aplikasi PLN Mobile dari Playstore. Unduh aplikasi resmi dari PLN bernama PLN Mobile, silahkan klik link PLN Mobile
  • Silahkan daftarkan diri anda, isi data diri berupa ID pelanggan, no hp, dan email.
  • Jika sudah, silahkan login dengan akun PLN Mobile. Selanjutnya kita masuk dengan akun PLN Mobile.
  • Berikutnya, klik menu informasi. Pada menu ini anda dapat mengakses layanan pengecekan.

Pilih Menu Informasi

Pilih Menu Informasi

  • Selanjutnya silahkan klik Informasi Tagihan dan Token Listrik

Informasi Tagihan dan Token Listrik

Informasi Tagihan dan Token Listrik

  • Akan muncul masukan Id pelanggan atau nomor meteran anda. Isi sesuai dengan data meteran anda. Lalu klik Cek Tagihan.
  • Setelah anda memasukkan ID pelanggan maka akan muncul tagihan listrik kita beserta berapa besaran yang nominalnya.

2. Aplikasi Cek Tagihan PLN & Reminder Apk

Untuk mengecek berapa besaran tagihan juga bisa anda lakukan dengan menggunakan cek Tagihan PLN & Reminder Apk. Aplikasi ini bukan resmi dari PLN. Tetapi dari pihak ketiga yang bisa anda gunakan juga untuk mengetahui berapa besaran tagihan PLN di rumah anda.

Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Createch System dimana aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna android.

Sama seperti aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini juga dapat memudahkan anda untuk mengetahui besaran tagihan listrik dengan menggunakan nomor ID pelanggan ketika membuka aplikasi pada halaman utama. Nantinya akan muncul informasi mengenai biaya tagihan listrik.

Cek Tagihan PLN & Reminder

Cek Tagihan PLN & Reminder

Aplikasi Cek Tagihan PLN & Reminder ini memiliki fitur yang lengkap serta mempunyai kelebihan yang bisa anda dapatkan berupa fitur reminder atau pengingat. Dimana pengguna bisa melihat biaya tagihan listrik dengan adanya notifikasi yang muncul sebagai pengingat.

Dengan bantuan aplikasi ini, anda akan dipermudah oleh fitur reminder, anda bisa mengatur kapan notifikasi pengingat tagihan listri anda.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini, anda juga dapat mengetahui informasi secara detail mengenai biaya tagihan listrik dan lain-lain.

Aplikasi canggih ini juga memiliki fitur pengiriman tagihan melalui email, pengguna dapat dengan mudah mengirim tagihan biaya listrik untuk diri sendiri atau orang lain.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ukurannya yang kecil sehingga tidak terlalu memakan memori ponsel kamu.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan langsung saja download di Google PlayStore. Anda dapat menggunakan fitur aplikasi ini secara gratis.

3. Cek tagihan listrik via SMS ke 8123

Selain dengan menggunakan aplikasi, anda juga bisa mengetahui tagihan listrik dengan menggunakan fitur SMS yang sudah disediakan oleh pihak PLN. Namun untuk mendapatkan info tagihan dengan SMS ini anda harus mengeluarkan pulsa sebesar Rp. 500 perak saja.

Untuk format SMS-nya adalah silahkan ketik

Rek(Spasi)Nomor ID Pelanggan. Lalu kirim ke 8123. Tarifnya Rp500 per SMS.

4. Cara berlangganan informasi tagihan listrik

Selain mengecek secara berkala, anda juga dapat berlangganan informasi tagihan listrik perbulan. Untuk format SMSnya adalah:

Ketik “PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan” pada bagian body pesan lalu kirim ke nomor 8123.

sementara jika anda ingin berhenti langganan, bisa dengan mengetik sms dengan format:

“PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan”

5. Cek tagihan listrik via telepon ke call center PLN di 123

Anda juga bisa mengeceka tagihan listrik dengan menelpon call center PLN. Call center PLN adalah 123. Jangan lupa untuk memasukkan kode area, misalnya Bandung kode areanya 022, berarti telepon ke (022) 123. Tarif telepon dikenakan tarif normal.

6. Cek Tagihan Listrik Via Contact Center PLN

Terakhir, kamu juga bisa mengetahui besaran tagihan listrik via contact center PLN. Berikut ini adalah beberapa contact center resmi dari PLN yang bisa anda hubungi, di antaranya :

Metode Pengecekan Mana yang Harus Saya Gunakan?

Nah, ternyata ada banyak ya cara cek tagihan listrik lewat hp android yang bisa kita lakukan, bahkan dengan menggunakan HP biasa juga bisa.

Nah, untuk pilihan mana yang akan anda gunakan, tentu saja dikembalikan dengan kondisi anda, misal di tempat dengan sinyal internet yang bagus anda dapat mengecek tagihan listrik secara gratis menggunakan aplikasi android. Tapi jika sinyal internet di tempat anda kurang baik, maka anda dapat memanfaatkan SMS atau telpon.

***

Demikianlah ulasan mengenai cara cek tagihan listrik lewat hp android yang bisa kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi panduan untuk anda yang sedang membutuhkan.

Baca juga: Aplikasi Scan Thing Apk

Leave a Reply