Arti Kata Gabut Apa Sih? Cek Definisi Gabut dan Contoh Penggunaannya!

Arti Kata Gabut dalam Bahasa Gaul – Beberapa waktu belakang ini jika kita lihat, bukan hanya berbagai platform sosial edia saja yang terus mengalami perkemangan yang signifikan, namun dalam penggunaan bahasa atau katanya juga turut berkembang. Jika sebelumnya kita mengenal kata yang sesuai dengan EYD, bahasa asing serta bahasa daerah.

Kini bukan hanya sampai disitu saja, ada istilah – istilah baru yang ikut bermunculan yang biasa disebut sebagai bahasa gaul. Salah satu istilah yang kerap digunakan oleh anak muda zaman sekarang adalah “Gabut”. Istilah tersebut tentu saja tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia.

Lalu apa sih sebenarnya arti dari kata gabut dalam bahasa gaul? Penasaran dengan makna yang sebenarnya? Mari kita lihat penjelasannya dari Teknoking.ID berikut ini.

Arti Kata Gabut

Kata gabut kerap kali diucapkan anak muda dalam keseharian mereka. Istilah ini memiliki pengertian sebagai ungkapan rasa bisan di kehidupan sehari – hari. Dengan kata lain kata gabut sering digunakan sebagai pengganti kata bosan. Atau banyak juga yang mengatakan bahwa kata gabut serupakan singkatan dari “Gak Butuh”.

Selain makna tersebut sebenarnya istilah gabut memiliki banyak arti lain. Kata gabut juga sering diartikan sebagai tidak melakukan apapun. Saat anda tidak melakukan aktivitas apa pun atau diam saja serta merasa bosan, maka istilah gabut adalah ungkapan untuk menggambarkan kondisi anda saat ini.

Pada Tahun 2010an Istlah Gabut Sudah Muncul dan Ini Artinya

Jika ditelusuri beberapa puluh tahun yang lalu atau tepatnya sekitar 2010an yang lalu sebenarnya istilah Gabut sudah pernah muncul. Namun kala itu istilah gabut bukanlah istilah gaul yang digunakan muda mudi dalam pergaulan mereka.

Dengan kata lain Gabut di tahun 2020an dan gabut ditahun 2010an yang membedakannya adalah arti katanya. Jika ditahun 2010an istilah gabut merupakan singkatan dari kata Gaji Buta. Untuk gaji buta sendiri memiliki makna untuk seseorang yang tidak melakukan pekerjaan apapun, atau orang yang malas bekerja tetapi tetap menerima gaji.

Baca juga: Apa Arti Paparazzi Crush dalam Bahasa Gaul?

Kata Gabut Memiliki Banyak Arti Di WhatsApp

Kata gabut yang sering muncul dalam obrolan WhatsApp para muda mudi sebenarnya memiliki banyak arti singkatan. Penasaran dengan istilah gabut yang bisa digunakan untuk chatting di WhatsApp serta sering diucapkan dalam pergaulan masa kini, berikut penjelasannya secara lengkap hanya untuk anda, diantaranya:

1. Gabut atau Gaji Buta

Makna kata gabut yang pertama adalah gaji buta, dimana istilah ini dipakai untuk mengungkapkan kesalahan seseorang terhadap pekerjaannya, dimana orang tersebut tidak serius dalam bekerja, namun masih mendapatkan gaji utuh.

Kata gabut disini mengundang emosi seseorang sebab tidak mendapatkan kinerja yang optimal, namun masih tetap menerima gaji, dimana seharusnya sebuah pekerjaan dilakukan dengan maksimal dan sepenuh hati.

2. Gabut Bermakna Bosan

Makna istilah gabut yang kedua adalah menyatakan kondisi tidak memiliki kegiatan apapun untuk dilakukan atau sedang dalam fase menganggur. Hal ini menyatakan anda sedang gabut. Dengan kata lain kata gaut digunakan untuk mengungkapkan perasaan tidak sedang melakukan apapun, sedang menganggur, atau tengah bingung akan melakukan kegiatan apa, sehingga merasa bosan atau badmood.

3. Gabut atau Gak Butuh

Istilah Gabut juga bisa diartikan sebagai ungkapan Gak Butuh atau sedang tidak membutuhkan siapapun yang menawarkan bantuan kepada anda. Singkatan ini muncul dalam kehidupan sehari – hari untuk mengungkapkan bahwa kondisi kita saat ini sedang ingin sendiri dan tidak membutuhkan orang lain untuk membantu atau sekedar menemani.

Namun istilah gabut yang merupakan singkatan dari kata Gak Butuh ini masih cukup jarang digunakan karena masih banyak orang yang belum tahu.

4. Gabut Atau Belaga Buta

Gabut atau Belaga Buta merupakan  makna kata gabut selanjutnya. Ungkapan ini sering digunakan untuk seseorang yang bersikap tidak peduli terhadap sesuatu. Dalam penggunaan kata gabut disini menyatakan bahwa sebenarnya orang tersebut bisa mengambil aksi namun lebih memilih untuk tetap diam atau bersikap acuh tak acuh.

Orang yang sering disebut gabut dengan makna belaga buta ini biasanya menggambarkan seseorang yang bersikap apatis di lingkungan sekitar. dimana orang tersebut tidak memiliki empati pada sekitar dan cenderung ingin hidup sendiri.

Contoh Penggunaan Kata Gabut

Setelah kita melihat penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa gabut disini memiliki makna bosan atau tengah tidak melakukan apapun. Lalu bagaimana istilah gabut ini dipakai dalam kehidupan sehari – hari, atau digunakan untuk chatting di WhatsApp?

Jika anda masih bingung bagaimana menggunakan istilah tersebut, maka kami memiliki beberapa contoh penggunaan kata gabut dalam bahasa gaul atau dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh bahasa gaul Gabut:

  •  mau kemana kita ya, gabut nih
  • gabut banget nih di rumah aja
  • lagi gabut nih, ayo jalan – jalan
  • gabut nih, mending kita nongki – nongki

Penutup

Istilah gabut mungkin sudah ada sejak 2010an namun kata tersebut tentu saja memiliki makna berbeda dari kata gabut yang saat ini muncul kembali. Dalam bahasa gaul sendiri kata gabut mengisyaratkan bahwa seseorang sedang bosan. Semoga penjelasan dari kami bisa dimengerti dengan jelas dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Pengertian Cibay Dalam Bahasa Gaul & Sunda

Leave a Reply