9 Kelebihan Nokia 3 yang Tidak Bisa Diremehkan HP 1 Jutaan Lain

Kelebihan Nokia 3 – Nokia adalah sebuah nama besar pada industri telepon genggam. Bisa dikatakan, hampir semua orang yang lahir sebelum era milenial pasti mengenalnya.

Julukan sebagai “hape sejuta umat” adalah bukti betapa populernya produk-produk keluaran Nokia pada saat itu. Meskipun popularitas Nokia sempat meredup pada awal era smartphone Android, namun perlahan Nokia mulai mengejar.

Salah satu bukti bahwa Nokia mulai mengejar adalah dengan diluncurkannya Nokia 3. Smartphone berbasis Android ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah harga Nokia 3 yang menargetkan pasar low-end.

Kelebihan HP Nokia 3

Meskipun dijual untuk pasar pemula namun bukan berarti Nokia masih mencoba-coba dengan produknya. Berikut ini beberapa kelebihan dari Nokia 3 yang tidak bisa dianggap remeh.

1. Sistem Operasi

Nokia 3 dirilis dengan sistem operasi bawaan Android 7.0 atau Nougat. Sebuah langkah berani dari Nokia. Pasar low-end umumnya tidak terlalu mempermasalahkan kecanggihan OS, mengingat keterbatasan budget yang biasanya juga dimiliki oleh calon pembeli. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi masyarakat ketika menggunakan smartphone satu ini.

Seperti misalnya tambahan fitur-fitur bawaan dari Android yang belum ada pada versi sebelumnya. Dan jika Android 7.0 dirasa sudah agak ketinggalan, maka pengguna bisa melakukan upgrade ke versi diatasnya, yaitu versi 8.0 (Oreo).

Bayangkan saja, sebuah smartphone low-end namun dibekali dengan OS terbaru. Ditambah dengan harga Nokia 3 yang terjangkau membuat siapapun yang ingin memiliki smartphone low-end perlu untuk mencobanya.

2. Kamera

Suka mengabadikan momen melalui foto dan video? Nokia 3 memiliki solusi yang tidak setengah-setengah. Smartphone ini dibekali dengan kamera belakang yang memiliki resolusi hingga 8MP, LED flash hingga kemampuan merekam video HD 720p dengan kualitas 30fps.

Kamera depan pun tidak dibuat tanggung. Kamera depan Nokia 3 juga memiliki resolusi 8MP yang juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD 720p.

Cukup sulit membayangkan ada smartphone low-end selain buatan Cina yang mampu membekali diri dengan kamera depan dan belakang dengan spesifikasi seperti ini, mengingat harga Nokia 3 yang masih termasuk terjangkau bagi kalangan bawah.

3. Desain dan Dimensi

Nokia 3 dirilis dengan ukuran 5”, frame aluminium dan cover belakang dari plastik. Hal ini memberikan ergonomi yang sangat baik jika di genggam dengan menggunakan satu tangan. Kemudian dengan desain Nokia yang khas dan tidak dibuat meniru produk-produk lain akan memberikan kesan eksklusif bagi penggunanya.

Nokia 3 memiliki desain yang sekilas mirip dengan Lumia, sebuah merek premium keluaran Nokia yang saat ini telah dibeli oleh Microsoft namun dihentikan pengembangannya. Hal ini akan menjadikan pemilik smartphone Nokia tampil beda di antara banyak pengguna hape Cina yang rata-rata memiliki desain yang dibuat mirip dengan smartphone premium.

4. Kualitas

Salah satu alasan kenapa merek Nokia sempat mendunia adalah pada kemampuan untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Lagi-lagi, kualitas dari produk keluaran Nokia ini terbukti dengan adanya gambar meme mengenai hape Nokia. Nokia 3 meskipun termasuk hape low-end, namun memiliki kualitas yang tetap berusaha untuk dijaga.

Seperti misalnya, meskipun hape ini memiliki baterai dengan kapasitas kurang dari 3000 mAh namun Nokia 3 diklaim memiliki uptime yang mencapai dua hari meskipun tidak di charge. Selain itu, Nokia 3 juga memiliki slot kartu dual-SIM hingga display protection dari Gorilla Glass. Semua ini untuk membuktikan keseriusan Nokia dalam menjaga kualitas meskipun harga Nokia 3 dirilis pada kategori low-end.

5. Keamanan terjaga dengan fingerprint

Nokia 3 juga sudah disematkan dengan sistem keamanan pengenla sidik jari atau fitur keamanan fingerprint sensor sehingga akan menjamin keamanan data ponsel anda. Fitur sidik jari ini juga punya respon yang lumayan cepat ketika dipakai.

6. Bisa dual SIM

Saat ini kurang lengkap rasanya kalau HP cuma punya 1 nomor saja, HP nokia 3 ini juga punya 2 slot dual-NanoSIM yang bisa anda gunakan secara bersamaan. Untuk slot penyimpanan dapat ditambah dengan microSD hingga 128 GB pada slot microSD.

7. Koneksi yang kencang

HP Nokia 3 ini sendiri ada di dalam lisensi HMD Global yang mengusung jaringan 2G GSM, 3G HSDPA dan 4G LTE, sehingga berbicara mengenai kecepatan akses internet tidak perlu diragukan lagi. Ponsel pintar ini bahkan memiliki kecepatan mulai speed HSPA 42.2/5.76 Mbps hingga LTE Cat4 150/50 Mbps seperti yang sudah diterapkan juga pada Nokia 6.

8. Paling ‘muda’ dengan bahan polikarbonat

Ponsel yang satu ini memang merupakan seri paling ‘muda’ dibanding Nokia 5 dan 6 dengan dimensi layarnya punya diagonal LCD sebesar 5.0 inchi yang sudah disematkan dengan dukungan panel IPS LCD capacitive touchscreen berkedalaman mencapai 16 juta warna.

Apalagi HP ini juga sudah disematkan juga dengan teknologi Sun Light Readability, guna memperoleh pencahayaan maksimal ketika sedang ada di bawah sinar matahari atau di luar ruangan, sehingga dapat mengurangi silau di layarnya.

9. Varian warna dengan harga di bawah Rp2 jutaan

HP Nokia 3 ini memiliki beberapa varian warna, Silver White, Matte Black, Tempered Blue dan Copper White. Dan dengan harga dibawah 2 jutaan membuatnya termasuk ponsel yang ramah di kantong.

Spesifikasi Nokia 3

Berikut ini adalah detail spesifikasi nokia 3 yang bisa kalian pertimbangkan sebelum memiliki ponsel low end yang satu ini:

  • Harga: Rp 1.899.000,00
  • Network: 4G LTE (Max)
  • Tahun Pembuatan: 2017
  • Layar: LCD 16M colors, 5.0 Inches, 720 x 1280 pixels, Gorilla Glass
  • Dimensi: 143.4 x 71.4 x 8.5 mm / 140 g
  • Fitur: Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Memory: 16 GB, 2 GB RAM(Internal) dan microSD, up to 256 GB (External)
  • Data: 3G, EDGE, GPRS, WLAN, Bluetooth
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, autofocus, 720p
  • Kamera Belakang: 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash,1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus
  • Video: [email protected]
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2630 mAh
  • OS: Android 7.0 (Nougat), planned upgrade to Android 8.0 (Oreo)
  • CPU: Mediatek MT6737, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T720MP1
  • Misc.: Dual SIM

Penutup

Agar tidak terlalu panjang ulasan ini, ada baiknya langsung kita coba sendiri. Salah satu tempat dimana kita bisa mendapatkan smartphone Nokia adalah melalui marketplace. Di marketplace, kita bisa mencari berbagai jenis dan tipe dari hape Nokia.

Kita juga bisa melihat-lihat harga hape dan membandingkannya sebelum membeli, seperti misalnya harga Nokia 5 dengan hape yang lain. Dapatkan hape Nokia dengan harga terbaik dan koleksi terlengkap dengan membeli di marketplace online.

Baca juga: Harga & Spesifikasi Nokia Dragon Terbaru

Leave a Reply