Cara Menghapus Ulasan di Lazada untuk Seller – Lazada menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Setiap aplikasi e-commerce pasti menyediakan fitur ulasan, begitu juga dengan Lazada. Fitur ini nantinya bisa digunakan oleh pembeli yang sudah menerima produk. Pembeli bebas memberikan ulasan untuk produk yang dibelinya. Biasanya untuk pelanggan yang merasa puas akan memberikan ulasan positif.
Namun jika produknya tidak sesuai maka pastinya akan memberikan ulasan yang negatif. Jadi fitur ini akan mengutarakan produknya, sesuai, bagus atau tidak, sampai mengomentari pelayanan si pelayanan si penjual. Ulasan yang diberikan haruslah sejujur – jujurnya, agar tidak merugikan berbagai pihak. Karena ulasan sendiri akan mempengaruhi pembeli lain.
Selain itu fakta bahwa ulasan yang sudah diberikan tidak bisa dihapus, tentu mengharuskan kita semua untuk berhati – hati dalam memberikan ulasan. Oleh sebab itu tidak ada cara untuk menghapus ulasan di Lazada. Bukan hanya itu saja untuk aplikasi belanja online lain pun sama. Seperti TikTok Shop, Shopee, Tokopedia, dan lainnya juga tidak ada cara untuk menghapusnya.
Berikut ada beberapa fakta mengenai ulasan di toko online, diantaranya :
- Ulasan yang sudah diberikan pembeli tidak bisa dihapus oleh penjual. Maka dari itu jika ada ulasan negatif atau jelek penjual tidak bisa menyembunyikannya. Untuk mengatasinya pastikan memberikan pelayanan serta barang dengan kualitas terbaik
- Meski pun pembeli tidak bisa menghapus ulasan yang sudah diberikan, namun masih bisa diedit. Tapi pembeli tidak bisa mengedit sesuka hati, ada batasannya
- Ulasan tidak bisa dihapus, namun jika ada ulasan yang menyalahi aturan, bisa dilaporkan agar dihapus oleh pihak Lazada. Contohnya untuk ulasan yang berbau cabul atau dewasa, maka bisa dilaporkan.
Cara Mudah Menghapus Ulasan di Lazada untuk Seller
Memang ulasan di Lazada atau toko online lainnya tidak bisa dihapus, namun seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa ulasan bisa diedit. Mungkin saja anda memberikan ulasan yang merugikan penjual dan ingin memperbaikinya agar tidak merugikan pihak penjual. Berikut langkah yang bisa dilakukan, diantaranya :
- Pertama buka aplikasi Lazada yang ada di perangkat anda
- Lanjut klik Akun
- Kemudian masuk ke menu Pesanan Saya
- Klik menu Untuk Diulas
- Silahkan pilih produk yang ingin anda edit ulasannya
- Lakukan pengeditan dengan menambah teks atau mengurasi serta menambah bintang
- Simpan perubahan
Perlu anda ingat pengeditan ulasan ini hanya bisa dilakukan sekali, oleh sebab itu pikirkan secara matang sebelum melakukan pengeditan ulasan. Berikan ulasan sejujur mungkin, jangan melebih – lebihkan. Karena ulasan anda akan membantu calon pembeli melihat kualitas barang. Berikan kritikan untuk penjual agar semakin berkembang.
Jika anda berniat memberikan bintang 1 atau bintang rendah, pastikan juga anda memberikan alasan yang tepat. Karena kita semua membutuhkan alasan untuk tiap masalah membutuhkan alasan yang tepat.
Baca juga: Cara Menghapus Alamat di Lazada
Cara Menghapus Ulasan di Lazada dengan Melaporkan Ulasan
Pembahasan kedua ini mengenai cara menghapus ulasan dengan melaporkannya. Hal ini memang sering terjadi. Misalnya, ada seseorang yang baru saja membeli pakaian dalam, kemudian ia memberikan ulasan dengan menyertakan foto menggunakan pakaian tersebut, karena seharusnya hal tersebut tidak dilakukan karena tidak baik dipertontonkan di khalayak ramai.
Ingin menghapus ulasan tersebut, namun tidak ada caranya! Jadi satu – satunya cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melaporkannya. Namun pastikan alasan yang anda berikan masuk akal agar pihak Lazada segera menghapusnya.
Perlu diketahui bahwa yang bisa menghapus ulasan tersebut hanyalah pihak Lazada, baik penjual maupun pembeli tidak bisa melakukannya. Selain itu alasan yang anda berikan juga harus masuk akal agar permohonan permintaan penghapusan anda bisa disetujui pihak Lazada.
Cara Memberikan Ulasan yang Baik dan Benar
Sebelum anda memberikan ulasan pada penjual sebaiknya perhatikan tips berikut ini :
- Jika ingin memberikan ulasan buruk pastikan anda memberikan alasan serta bukti berupa foto maupun video jika memang seburuk yang anda sebutkan
- Jika anda ingin memberikan bintang 5 karena produknya memang bagus tidak apa – apa jika tidak menyertakan foto. Namun akan lebih baik jika ada foto atau video sebagai bukti
- Saat menyertakan foto maupun video sebaiknya jangan mempertontonkan wajah maupun hal – hal pribadi anda ke ulasan. karena ulasan anda tidak bisa dihapus, dari pada kesulitan mengedit atau melaporkan ulasan sebaiknya jangan disertakan
- Pastikan bahasa dalam ulasan bersifat sopan
- Perlu anda ingat bahwa berapa lama waktu pengiriman bukanlah tanggung jawab penjual. Sedangkan lama pengemasan baru tanggung jawab penjual. Maka dari itu jangan komplain ke penjual karena pengiriman lama, karena itu salah kurir, serta untuk kardus penyok juga salah kurir, jadi pastikan anda memberikan ulasan dengan bijak.
Penutup
Sampai disini dulu ulasan kita kali ini mengenai Cara Menghapus Ulasan di Lazada untuk Seller. Ikuti terus Teknoking.ID agar anda tetap mendapatkan berita – berita terbaru yang bermanfaat. Semoga ulasan kami bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Baca juga: Penyebab & Cara Mengatasi Lazada PayLater Tidak Bisa Digunakan