Cara Daftar BBM Subsidi & Cek Status Pendaftaran My Pertamina!

Cara Daftar BBM subsidi dan Cek Status Pendaftaran My Pertamina – Kenaikan harga BBM di Indonesia tentu saja membuat masyarakat merasa cukup terbebani di tengah himpitan ekonomi yang semakin sulit dampak dari pandemi Covid-19 yang terjadi selama 2 tahun belakangan ini.

Sejak beberapa hari terakhir ini pemerintah resmi menaikkan harga BBM yang mencakup seluruh jenis bensin yang ada di SPBU Pertamina. Kemudian pihak Pertamina meluncurkan sebuah program yang diberi nama Subsidi Tepat My Pertamina.

Program ini diklaim memiliki tujuan untuk menyalurkan subsidi agar tepat sasaran. Lalu apa sebenarnya program Subsidi Tepat My Pertamina? Bagaimana cara mendaftar pada program tersebut? Nah untuk mengetahui jawabannya silahkan simak ulasan dari Teknoking.ID berikut ini!

Mengenal Lebih Jauh Subsidi Tepat My Pertamina

Program Subsidi Tepat My Pertamina merupakan sebuah program yang dibuat oleh pihak Pertamina untuk memberikan BBM Bersubsidi kepada masyarakat melalui My Pertamina Apk.

Pemerintah menyalurkan BBM bersubsidi kepada masyarakat yang benar – benar layak menerimanya. Karena memang pengertian dari BBM subsidi adalah BBM yang diberikan potongan harga oleh pemerintah yang potongannya sendiri diambil dari dana APBN.

BBM bersubsidi hanya bisa didapatkan oleh pengguna tertentu karena subsidi ini memiliki kuota yang terbatas. Sebagai contoh BB yang masuk dalam daftar BBM bersubsidi adalah Pertalite dan Biosolar.

Syarat Mendaftar Subsidi My Pertamina

Jika anda ingin menjadi bagian dari penerima atau pengguna BBM bersubsidi yang diberikan oleh pihak Pertamina melalui Subsidi Tepat My Pertamina, maka wajib memiliki beberapa dokumen resmi sebagai persyaratan pendaftaran terlebih dahulu.

Beberapa dokumen yang diminta biasanya mencakup data diri dan beberapa data lainnya, mulai dari Foto KTP, foto STNK, foto kendaraan tampak semua bagian, foto nomor polisi kendaraan terlihat jelas serta pas foto formal. Nah ketika anda ingin mendaftar di My Pertamina Apk sebaiknya siapkan seluruh dokumen sebagai persyaratan utama pendaftaran di ponsel anda agar saat mendaftar subsidi tepat My Pertamina menjadi lebih mudah.

Cara Mudah Daftar Program BBM Subsidi Tepat My Pertamina

Jika seluruh persyaratan dokumen yang diminta sudah disiapkan, anda bisa langsung saja mulai melakukan pendaftaran diri ke program yang diluncurkan oleh pihak Pertamina ini. Untuk yang belum paham bagaimana cara daftarnya, maka bisa langsung cek saja ulasan di bawah ini.

Berikut cara mudah daftar program Subsidi Tepat My Pertamina, diantaranya :

  1. Pertama busa salah satu browser di ponsel anda kemudian buka website subsidi tepat My Pertamina
  2. Setelah berhasil tersambung dengan website yang dimaksud, anda akan menemukan kotak konfirmasi seputar penjelasan subsidi BBM, kemudian berikan tanda centang pada kotak jika anda sudah memahami maksudnya.
  3. Selanjutnya klik tombol daftar sekarang
  4. Nantinya akan muncul beberapa kolom yang wajib anda isi mengenai data diri atau dokumen yang sudah kami sebutkan sebelumnya
  5. Klik tombol selanjutnya
  6. Lanjutkan dengan memilih jenis subsidi serta tipe customer
  7. Selanjutnya isi serta unggah seluruh dokumen yang berkaitan dengan data kendaraan
  8. Submit seluruh data yang sudah diisi
  9. Selesai

Setelah anda mengikuti langkah – langkah pendaftaran program subsidi tepat My Pertamina seperti instruksi di atas, maka anda bisa langsung saja melakukan pengecekan status pendaftaran di website My Pertamina.

Lanjut Cek Status Pendaftaran Subsidi Tepat My Pertamina

Setelah pendaftaran selesai dilakukan dan dinyatakan berhasil tidak langsung anda bisa mendapatkan BBM Bersubsidi, namun anda harus menunggu terlebih dahulu untuk selanjutnya bisa mulai membeli BBM subsidi melalui My Pertamina dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal ini disebabkan pihak My Pertamina membutuhkan lebih banyak waktu sebagai proses verifikasi atau mengecek pendaftaran anda. Untuk estimasi waktu yang dibutuhkan biasanya pihak My Pertamina membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja.

Untuk mengecek status pendaftaran anda bisa dilakukan melalui email yang dikirim dari pihak My Pertamina. Memang informasi lebIh lanjut mengenai status subsidi tepat My Pertamina anda akan diupdate melalui email pihak My Pertamina. Dimana email tersebut akan berisi apakah anda berhak menerima subsidi atau tidak.

Jika dalam status pendaftaran anda berhasil menerima BBM Subsidi karena sudah dikonfirmasi secara resmi menerima subsidi, maka silahkan mengunduh kode QR yang diberikan kemudian simpan kode tersebut untuk memulai transaksi di SPBU Pertamina

Penutup

Sampai disini dulu penjelasan kami mengenai cara daftar program BBM Subsidi Tepat My Pertamina yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Semoga penjelasan dari kami mudah dimengerti dan mudah diikuti. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: Aplikasi MyPertamina Apk

Leave a Reply