14 Aplikasi Perekam Layar HP Android & iPhone Terbaik, Lengkap!

Ada banyak aplikasi perekam layar hp Android dan iPhone yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten, baik untuk akun media sosial kamu atau untuk di upload ke channel youtube kamu.

Sebenarnya, beberapa ponsel sudah menyediakan fitur untuk merekam layar tanpa aplikasi tambahan, HP Xiaomi misalnya, beberapa jenis ponsel ini sudah dibekali oleh screen recorder.

Namun biasanya aplikasi bawaan ponsel memiliki fitur yang terbatas serta tidak dapat merekam layar sekaligus dengan suara kita, sehingga tentu akan merepotkan kita untuk proses editing tambahan kagi.

Nah, jadi buat kamu yang merasa kebingungan mau menggunakan aplikasi perekam layar hp Android yang mana, tenang saja karena kali ini Teknoking akan mengulas beberapa aplikasi screen recorder android terbaik yang bisa kamu andalkan untuk konten yang akan kamu buat.

Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik

Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi perekam layar HP android ini untuk menghasilkan video yang lebih berkualitas, tanpa harus melakukan editing tambahan seperti harus dubbing menambahkan suara.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar HP Android yang sangat berguna untuk memudahkan kita merekam aktivitas kita dengan smartphone:

1. DU Recorder

DU Recorder

DU Recorder

Rekomendasi aplikasi perekam layar HP android yang pertama adalah DU recorder. Aplikasi DU recorder ini memiliki banyak sekali kelebihan yang akan membuat video yang dihasilkan pasti sangat memuaskan.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda akan mendapatkan suara yang sangat jelas dan kualitas video yang sangat bagus bisa juga diatur untuk kualitas video yang direkam.

DU recorder ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan kocek sedikitpun, anda bisa mendwonload aplikasi ini di Playstore ataupun Appstore.

Dijamin kamu bakal puas menggunakan aplikasi DU recorder ini untuk merekam aktivitas kamu menggunakan ponsel untuk membuat video dengan hasil yang terbaik.

2. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder via Freemattandgrace

AZ Screen Recorder via Freemattandgrace

Selain Du recorder, juga ada aplikasi AZ screen recorder yang dapat kamu gunakan untuk merekam layar ponsel kamu. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi screen recorder yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Video yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga pasti akan memuaskan kamu para editor sekalian.

Aplikasi ini sendiri sudah dilounching sejak 11 November 2014. Kini aplikasi ini sudah diunduh tidak kurang dari 10 juta download di Google Playstore.

Dengan menggunakan aplikasi Az screen recorder ini anda dapat merekam layar tanpa batas waktu, tanpa proses rooting, tanpa watermark serta gangguan iklan.

Aplikasi ini juga dapat menjeda ketika sedang merekam kemudian dilanjutkan lagi. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat merekam suara dari mikrofon, memilih resolusi video, menghitung waktu mundur, menampilkan teks atau logo, memilih frame rate hingga bit rate serta memberi efek time lapse dan slow motion. 

3. Game Screen Recorder

Game Screen Recorder

Game Screen Recorder

Aplikasi perekam layar ponsel yang ketiga adalah game screen recorder. Meski namanya game screen recorder tetapi tidak hanya untuk merekam ketika kita bermain game saja, kita juga bisa merekam yang lain.

Namun memang aplikasi ini secara khusus diperuntukkan buat anda yang mau merekam layar pada saat bermain game.

Buat anda gamer sekaligus youtuber maka aplikasi ini adalah yang paling rekomended untuk anda gunakan merekam aktivitas anda ngegame. Anda dapat merekam video dengan kualitas yang baik plus suara yang dihasilkan juga sangat jernih.

Aplikasi ini sangat rekomended untuk anda gunakan merekam aktivitas ngegame anda untuk anda jadikan konten youtube atau untuk di upload ke medsos.

4. Perekam Layar Mobizen

Perekam Layar Mobizen

Perekam Layar Mobizen

Berikutnya adalah aplikasi yang bernama perekam layar mobizen yang tidak kalah rekomended untuk anda gunakan merekam layar smartphone anda.

Aplikasi mobizen ini dapat anda unduh secara gratis di Playstore bagi pengguna android atau di Appstore untuk pengguna iPhone. 

Adapun hasil video dari aplikasi ini juga terbilang sangat apik dan jernih. Anda pasti akan puas menggunakan aplikasi perekam layar mobizen ini.

Aplikasi ini sendiri sudah rilis sejak 9 Mei 2012 dan sudah diunduh lebih dari dari 100 juta unduhan di Google Playstore.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat menghasilkan video dengan format Full HD. Resolusi tertinggi yang ditawarkan adalah 1080p, kecepatan 12 Mbps dan memiliki frame rate 60 fps.

Aplikasi ini juga punya fitur FaceCam yang dapat kamu gunakan untuk merekam ekspresi wajah sekaligus merekam layar kita pada saat yang bersamaan.

Buat para gamer ini tentu fitur yang sangat keren sekali bukan. Aplikasi ini juga dapat merekam layar tanpa batas waktu dan tidak diganggu dengan keberadaan watermark. Tidak heran kalau aplikasi ini diganjar sebagai Best App 2016 oleh Google.

5. REC-Screen Recorder

REC-Screen Recorder via Thegeekpage

REC-Screen Recorder via Thegeekpage

Aplikasi perekam video smartphone selanjutnya adalah REC-Screen recorder yang dapat anda gunakan untuk merekam layar ponsel dengan video hasil berkualitas tinggi, hingga 1080p.

karena aplikasi ini cukup besar, membutuhkan spek ponsel yang tinggi agar anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Buat anda yang sudah pernah menggunakan aplikasi ini pasti akan merasa puas dengan hasilnya. Dengan ukuran yang besar tentu juga akan menghasilkan video yang memiliki kualitas tinggi pula.

6. Super Screen Recorder

Super Screen Recorder

Super Screen Recorder

Aplikasi perekam layar terbaik android selanjutnya adalah super screen recorder yang sudah banyak digunakan oleh para editor yang ingin merekam layat dengan hasil yang jernih.

Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi super screen recorder ini, anda dapat mengunduhnya secara langsung di Google Playstore atau Appstore bagi pengguna iPhone.

Aplikasi ini pertama kali rilis pada 18 November 2015. Dan kini sudah diunduh tidak kurang dari 10 juta pengguna android. Ini tentu angka yang sangat besar untuk aplikasi perekam layar ponsel.

Kelebihan untuk update aplikasi ini adalah, dimana super screen recorder terbarunya sudah menyediakan FaceCam dengan rasio 1:1 untuk merekam reaksi wajah kita dan merekam layar pada waktu yang bersamaan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga sudah bisa menambahkan teks, logo dan bisa mengambil screenshot saat layar sedang direkam.

Namun, aplikasi ini tidak memiliki dukungan untuk merekam suara internal di device kita. Untuk menyalakan screen recorder, tekan tombol biru, beri izin pada aplikasi lalu klik tombol biru lagi untuk mulai merekam.

7. Background Video Recorder

Background Video Recorder via Youtube

Background Video Recorder via Youtube

Background video recorder merupakan aplikasi perekam layar HP selanjutnya yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini cocok untuk anda gunakan karena terbilang mudah untuk digunakan dimana didukung dengan antarmuka yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Untuk mendapatkan aplikasi background video recorder ini anda dapat mengunduhnya dengan mudah di Playstore ataupun Appstore.

8. XRecorder

XRecorder

XRecorder

Aplikasi yang satu ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang merasa belum puas dengan aplikasi-aplikasi di atas.

Nah, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Xrecorder ini merekam layar ponsel kamu dengan hasil yang memuaskan tentunya.

Kalau kita lihat dari testimoni para pengguna yang sudah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, rata-rata mereka merasa puas dengan menggunakan aplikasi ini.

Hal ini tentu saja berkaitan dengan kualitas video yang dihasilkan menggunakan aplikasi Xrecorder ini tentunya memuaskan para penggunanya.

9. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

ADV screen recorder ini juga bisa anda jadikan sebagai alternatif untuk merekam layar ponsel anda. Aplikasi ini bahkan sangat rekomended untuk kamu gunakan karena kualitas suara dan video yang dihasilkan sangat bagus.

Untuk kamu yang penasaran dengan aplikasi ini, silahkan langsung saja pergi ke Google Playstore atau appstore kemudian ketika kata kunci ADV Screen Recorder, kamu akan menjumpai aplikasi ini dengan mudah.

10. Screen Recorder & Video Recorder by InShot Inc

Screen Recorder & Video Recorder by InShot Inc

Screen Recorder & Video Recorder by InShot Inc

Aplikasi yang dikembangkan oleh InShot Inc ini bisa kamu manfaatkan untuk aktivitas merekam layar atau untuk merekam video. Aplikasi yang bernama Screen Recorder and Video Recorder kamu dapat merekam layar tanpa batas waktu dan tidak ada watermark yang mengganggu.
Dan yang tidak kalah penting lagi, dengan menggunakan aplikasi ini anda tidak perlu melakukan rooting untuk menjalankan aplikasi ini. Kamu juga bisa mengekspor video dengan format Full HD (1080p dan frame rate 60fps) sehingga cuplikan rekaman layar bisa terlihat sangat jelas tentunya.

11. Apowersoft Screen Recorder

Apowersoft Screen Recorder via Airmore - 14 Aplikasi Perekam Layar HP Android & iPhone Terbaik, Lengkap!

Apowersoft Screen Recorder via Airmore

Apowersoft Screen Recorder ini baru dirilis pada 31 Desember 2015. Dan kini tidak kurang dari 1 juta orang sudah menggunakan aplikasi ini di smartphone android mereka.

Kegiatan merekam layar anda akan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini, apalagi dengan aplikasi ini anda dapat langsung merekam layar plus audio sehingga cocok jika digunakan untuk gaming atau video tutorial.

Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah kamu dapat menambahkan ekspresi wajahmu dengan kamera depan. Kamu pun bisa mengakses tombol start, pause dan stop dengan mudah.

Kelebihan lain menggunakan aplikasi ini adalah pengguna juga dapat memotong video apabila ada bagian yang tidak penting dan buang-buang waktu. Setelahnya, kamu bisa langsung membagikan video tangkap layar ke sosial media!

12. Fenix Recorder

Fenix Recorder - 14 Aplikasi Perekam Layar HP Android & iPhone Terbaik, Lengkap!

Fenix Recorder

Fenix recorder juga kamu rekomendasikan untuk anda gunakan merekam layar ponsel anda. Aplikasi ini bisa anda nikmati secara gratis namun menghasilkan video berkualitas premium.

Video yang dihasilkan nantinya akan lebih stabil dan berkualitas tinggi sehingga bisa merekam video layar yang halus.

Kegiatan merekan menggunakan aplikasi ini menjadi lebih mudah karena kamu bisa langsung merekam layar tanpa memerlukan rooting dan tidak ada batas waktu rekaman. Video yang dihasilkan memiliki resolusi 1080p, kecepatan 12 Mbps dan frame rate 60fps.

Kelebihan aplikasi fenix recorder ini adalah di dalamnya juga terdapat fitur unggulan berupa editor video, jadi anda langsung bisa mengedit video tersebut setelah selesai merekam.

Dengan menggunakan aplikasi Fenix Recorder ini kamu juga bisa merekam video game, video call, live video dan lain sebagainya.

Aplikasi yang tergolong baru ini (dirilis pada 11 Oktober 2019 )juga bisa kamu jeda ketika sedang merekam. Bagaimana? Kamu tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini?

13. Perekam Layar by AppSmartz

Perekam Layar by AppSmartz - 14 Aplikasi Perekam Layar HP Android & iPhone Terbaik, Lengkap!

Perekam Layar by AppSmartz

Perekam layar yang dikembangkan oleh AppSmartz juga merupakan aplikasi perekam layar smartphone yang rekomended untuk kamu gunakan. Aplikasi yang dilounching pada 7 Maret 2017 sudah diunduh lebih dari 10 juta di Google Playstore.

Pengguna dapat melakukan aktivitas perekaman layar ponsel kemudian menambahkan video ekspresi wajahmu lewat kamera depan. Buat para gamer tentu ini sangat cocok sekali bukan?

Kelebihan aplikasi ini dapat anda gunakan tanpa koneksi internet sekalipun. Video yang dihasilkan dari merekam layar ponsel ini akan langsung disimpan secara lokal di memori internal atau eksternal di device kita.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam game yang kita mainkan, membuat video tutorial hingga merekam panggilan video.

14. Google Play Games

Google Play Games - 14 Aplikasi Perekam Layar HP Android & iPhone Terbaik, Lengkap!

Google Play Games

Terakhir, meski bukan merupakan aplikasi khusus untuk merekam layar ponsel namun aplikasi Google Play Games ini bisa kamu andalkan untuk merekam layar menggunakan perangkat android.

Selama ini kita mengetahui bahwa aplikasi Google play games ini digunakan untuk mengamankan akun game online yang dimainkan agar lebih aman.

Ternyata dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat merekam layar dengan kualitas yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

***

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi perekam layar HP android dan iPhone yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Dari sekian banyak aplikasi di atas, mungkin ada yang cocok untuk anda. Silahkan dicoba.

Baca juga: Cara Agar Baterai HP Awet

Leave a Reply