19 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik Sepanjang Masa

Aplikasi Penghemat Baterai Android – Sebuah smartphone akan tidak ada artinya tanpa peranan dari sebuah baterai. Baterai bisa diibaratkan nyawa untuk menghidupkan smartphone android anda.

Tanpa baterai android tidak akan bisa kita gunakan dan pastinya semua orang ingin agar android yang mereka punya memiliki baterai yang tahan lama agar tidak terlalu sering melakukan pengisian.

Biasanya orang yang memiliki smartphone dengan daya baterai yang rendah sering kali mengganti baterai dengan daya kapasitas yang lebih tinggi, tetapi jika baterai yang digunakan itu memiliki kualitas yang buruk maka justru dapat memperpendek usia smartphone anda.

Agar baterai android anda awet anda tidak perlu menggantinya dengan yang baru. Anda boleh menggantinya dengan yang baru dalam catatan baterai yang digunakan saat ini sudah rusak.

Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

Namun jika belum, anda cukup menggunakan beberapa aplikasi yang dianggap dapat menghemat baterai. Berikut ini ada beberapa aplikasi penghemat baterai terbaik yang sering digunakan :

1. DU Battery Saver – Battery Charger & Battery Life

DU Battery Saver - Battery Charger & Battery Life via Playstore

DU Battery Saver – Battery Charger & Battery Life via Playstore

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai pertama dari Teknoking.ID adalah DU Battery Saver. Aplikasi ini sudah dipercaya ratusan juta pengguna lebih dan dianggap dapat memperpanjang penggunaan baterai pada smartphone yang digunakannya.

DU Battery Saver ini akan mengelola aplikasi yang berjalan pada background proses dan hardware pada smartphone. Anda dapat mendownloadnya secara gratis melalui playstore.

Aplikasi penghemat baterai Android ini berfungsi untuk memperpanjang masa pakai baterai serta dapat mengoptimalkan pengaturan perangkat smartphone kita.

Aplikasi ini punya fitur one tap power optimisation, sehingga sangat membantu kita agar lebih simple dalam penggunaannya. Bahkan kita tidak perlu untuk membuka atau menutup aplikasi ini.

Ada juga Fitur Battery Cooler yang dapat kita gunakan untuk megnetahui suhu smartphone android kita secara akurat kemudian dapat kita gunakan menonaktifkan aplikasi penyebab panas, kemudian mendinginkannya.

2. Battery Doctor

Battery Doctor

Battery Doctor

Selain DU Battery Saver ada juga aplikasi lain yang memiliki sistem kerja sama persis dengannya yaitu Battery Doctor. Aplikasi ini akan secara otomatis memeriksa masa habis baterai anda dan akan menunjukkan sisa waktu baterai akan bertahan. Battery Doctor secara otomatis akan menutup aplikasi yang tidak perlu dipakai sehingga akan membuat daya baterai bertahan lebih lama.

3. Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Avast Battery Saver

Aplikasi ini merupakan aplikasi penghemat baterai lebih dari 30% dari biasanya. Avast Battery Saver akan memanagemen kebutuhan koneksi internet, kecerahan layar dan waktu standby otomatis. Sudah lebih dari 230 juta pengguna aplikasi ini dan kebanyakan dari mereka merasa puas dengan aplikasi penghemat baterai ini.

4. Battery Optimizer

Battery Optimizer

Battery Optimizer

Aplikasi penghemat baterai selanjutnya merupakan aplikasi yang dibuat oleh McAfee yang masuk dalam bagian Intel Security. Aplikasi ini sudah sangat populer dikalangan pengguna smartphone karena kemampuannya yang dapat menghemat baterai.

Aplikasi ini mengandalkan teknologi McAfee GTI untuk mengidentifikasi aplikasi apa saja yang kiranya menguras baterai dan jika tidak digunakan maka aplikasi akan menutup aplikasi tersebut dengan sendirinya.

5. Droid Battery Saver

Droid Battery Saver

Droid Battery Saver

Menurut pengguna aplikasi ini, Droid Battery Saver dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 50%. Sebagai aplikasi penghemat baterai terbaik, Droid Battery Saver akan menganalisa kekuatan sisa baterai dan pada aplikasi ini tersedia pula mode penghematan yang dapat anda sesuaikan pengaturannya.

6. Boost Battery Saver Free

Boost Battery Saver Free

Boost Battery Saver Free

Aplikasi ini sempat mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi penghemat baterai terbaik yaitu hingga 60%. Sistem kerjanya sama seperti aplikasi penghemat lainnya hanya saja pada aplikasi ini lebih bagus dan lebih cocok untuk meningkatkan dan menghentikan aplikasi yang berjalan pada background proces.

7. Super Battery Saver

Super Battery Saver

Super Battery Saver

Jika baterai anda sering lemah atau butuh aplikasi penghemat baterai, cobalah Super Battery Saver ini. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang terpendam di dalamnya seperti otomatis yang dapat mengaktifkan mode hemat baterai ketika baterai dalam kondisi 20%. Tujuannya tidak lain agar penggunaan baterai dibatasi sehingga lebih awet.

8. AccuBattery

AccuBattery

AccuBattery

Aplikasi AccuBattery ini juga bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan kinerja baterai ponsel kita. Pasalnya dengan bantuan aplikasi ini kita dapat mengetahui penggunaan dari baterai smartphone secara akurat.

Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm pengisian daya yang berguna memperpanjang umur baterai. Fitur lainnya yang tidak kalah keren lagi adalah dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengetahui seberapa cepat perangkatmu mengisi daya saat layar hidup atau mati, kita juga dapat informasi mengenai lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya ponsel hingga penuh.

9. Kaspersky Battery Life: Saver & Booster

Kaspersky Battery Life Saver & Booster via Playstore

Kaspersky Battery Life Saver & Booster via Playstore

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pengembang aplikasi antivirus Kaspersky, bukan? Ternyata developer antiviruts ini juga mengembangkan aplikasi penghemat baterai android lho.

Dengan bantuan aplikasi Kaspersky Battery Life: Saver & Booster ini smartphone kalian bisa jadi lebih hemat. Aplikasi ini bisa kita unduh secara gratis di Google Playstore.

Dengan bantuan aplikasi ini kita dapat lebih memantau secara otomatis setiap aplikasi yang berjalan di perangkat android kita. Dengan aplikasi Kaspersky Battery Life ini kita juga dapat memprediksi yang lebih akurat kinerja baterai.

10. Green Battery Saver, Super Cleaner, App Lock

Green Battery Saver, Super Cleaner, App Lock via Google Playstore

Green Battery Saver, Super Cleaner, App Lock via Google Playstore

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai android selanjutnya adalah sebuah aplikasi multifungsi yang membantu kita banyak hal. Salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah dapat menghemat baterai smartphone kita, juga fungsi lainnya seperti membersihkan sampah di smartphone.

Sehingga dapat meningkatkan performa. Bukan cuma itu saja, karena dengan aplikasi ini juga mampu mempercepat proses mengisi daya.

11. Fancy Battery – Battery Saver, Booster, Cleaner

Fancy Battery - Battery Saver, Booster, Cleaner via Google Playstore

Fancy Battery – Battery Saver, Booster, Cleaner via Google Playstore

Aplikasi yang satu ini juga termasuk aplikasi multifungsi, dimana salah satunya adalah bermanfaat untuk menghemat baterai ponsel anda. Selain dapat menghemat baterai ponsel anda, dengan bantuan aplikasi ini juga bisa membersihkan smartphone kalian dari gangguan virus.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa membersihkan notifikasi yang dapat mengganggu anda. Bukan cuma itu saja ternyata, dengan aplikasi ini juga dapat memproteksi smartphone dengan fitur App Lock yang tersedia.

12. 300 Battery Life – Battery Repair & Battery Saver

300 Battery Life - Battery Repair & Battery saver via Google Playstore

300 Battery Life – Battery Repair & Battery saver via Google Playstore

Aplikasi 300 batteray life menjadi salah satu aplikasi yang wajib anda install guna menghemat baterai ponsel kalian yaitu dengan menghentikan aplikasi yang menguras daya.

Aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai smartphone kalian. 300 Battery life ini termasuk aplikasi yang ringan, cepat yang bisa meningkatkan daya hidup baterai. Aplikasi penghemat baterai android ini juga akan memberikan notifikasi saat baterai smartphone kalian akan habis, jadi anda bisa mengaktifkan mode penghematan baterai.

13. Battery Guru: Battery Health

Battery Guru: Battery Health via Google Playstore

Battery Guru: Battery Health via Google Playstore

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai smrtphone kalian adalah Battery Guru yang akan memberikan

info mulai dari aktivitas penggunaan baterai, untuk mengukur kapasitas baterai listrik (mAh), menunjukkan estimasi baterai, serta juga akan membantu mengubah kebiasaan pengisian daya yang dapat menghemat baterai.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki sistem penghematan baterai yang lebih canggih. Dengan bantuan aplikasi ini, anda dapat memantau perkembangan baterai secara real time, bahkan penggunaan aplikasi penghemat baterai ini juga bisa menampilkan indikator ponsel kalian seperti suhu dan tingkat baterai sesuai keinginanmu.

Cek juga: Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi

14. dfndr battery: manage your battery life

dfndr battery manage your battery life via Google Playstore

dfndr battery manage your battery life via Google Playstore

Rekomendasi aplikasi penghemat baterai android kalian selanjutnya adalah aplikasi dfndr battery. Dengan menggunakan apilikasi dfndr battery ini akan membantu anda untuk menutup aplikasi tidak aktif yang berjalan di latar belakang, karena aplikasi tersebut yang menyumbang penggunaan baterai sehingga lebih cepat aktif.

Bukan cuma itu saja, dengan menggunakan aplikasi ini juga membantu anda untuk mengatur kecerahan layar ponsel selain dapat menghemat baterai ponsel anda tentunya. Anda juga dapat memonitro laporan mengenai kesehatan baterai ponsel anda secara rutin dengan bantuan aplikasi ini.

15. Greenify

Greenify

Greenify

Pada mulanya, aplikasi Greenify ini cuma diperuntukkan untuk pengguna smartphone dengan akses root, akan tetapi saat ini siapa saja bisa menikmati aplikasi penghemat baterai ini tapi perlu mengakses root.

Aplikasi yang saut ini memiliki fungsi untuk membuat aplikasi yang sedang tidak anda gunakan masuk ke mode Hibernate. Sehingga jika aplikasi kalian tersebut dalam mode Hibernate, maka dengan memasukkan aplikasi tidak terpakai berhibernasi tidak bisa berjalan di belakang layar, selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi dan lainnya sampai kamu menjalankan kembali aplikasi tersebut. Sehingga menjadikan baterai smartphone akan lebih hemat.

 16. Battery Booster Lite

Battery Booster Lite

Battery Booster Lite

Rekomendasi aplikasi berikutnya adalah Battery Booster Lite. Aplikasi yang satu ini dapat membantu ponsel anda lebih meningkatkan kinerja baterai ponsel android kalian.

Aplikasi penghemat baterai ini akan membantu anda untuk memantau info lengkap mengenai baterai mulai dari grafis yang menarik, memantau proses atau aplikasi apa saja yang menghabiskan baterai Android kamu, dan yang tidak kalah penting juga dapat menyediakan solusi terbaik agar baterai Android kamu tidak terbuang sia-sia.

17. GO Battery Pro – Battery Saver

GO Battery Pro

GO Battery Pro

Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah aplikasi GO Battery Saver yang dikembangkan oleh developer aplikasi GO Launcher EX. Aplikasi yang satu ini sangat pas untuk anda gunakan duna lebih menghemat baterai Android terbaik saat kamu menggunakan GO Launcher EX.

Aplikasi GO Battery Saver ini memiliki fitur Widget yang keren, anda dapat memperoleh tampilan menarik yang hemat daya di ponsel android kalian.

18. Screen Filter

Screen Filter

Screen Filter

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi Screen Filter untuk menghemat baterai android kalian, anda mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone kalian lebih gelap 50% daripada batas maksimal yang bisa dilakukan smartphone kamu.

Dengan mode gelap ini, maka smartphone kalian bisa jadi lebih hemat akan tetapi juga dapat menjamin kerahasiaan kamu saat mengetik.

19. GSam Battery Monitor

GSam Battery Monitor

GSam Battery Monitor

Rekomendasi aplikasi terakhir yang bisa anda gunakan guna menghemat baterai android adalah Gsam Battery Monitor. Aplikasi ini punya banyak fitur keren sebagaimana aplikasi penghemat baterai yang lainnya.

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang berbeda dengan aplikasi lainnya, karena aplikasi yang satu ini memiliki fitur Professional Edition untuk anda pengguna tablet. Bedanya adalah tampilan antarmukanya yang cocok untuk tablet dan perkiraan waktu kapasitas baterai yang lebih akurat.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi penghemat baterai yang kami rekomendasikan untuk anda gunakan. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda yang mau menjadikan ponsel android kalian jadi lebih hemat.

Baca juga: 19 Cara Menghemat Baterai iPhone

Leave a Reply