6 Perbedaan Vivo Y35 dan Vivo Y36, Ini Spesifikasi serta Harga Terbaru!

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 – Vivo sebagai salah satu  brand smartphone terbesar di Indonesia terus mengeluarkan produk – produk terbarunya setiap tahun. Seperti pada Mei 2023 resmi merilis smartphone terbarunya di lini Vivo Y Series. Bahkan kali ini Vivo mengeluaran dua series sekaligus

Sebut saja Vivo Y36 (4G) serta Y36 (5G). Kedua ponsel ini merupakan penerus generasi pendahulunya yakni Vivo Y35 yang rilis pada tahun lalu  atau tepatnya pada Agustus 2022. Sebagai penerus dari Y series tentu saja Vivo Y36 hadir dengan sejumlah peningkatan di berbagai sektor.

Salah satu yang paling mencolok adalah dari segi desainnya yang terlihat lebih mewah dan elegan. Selain itu dari segi kemampuan layar, hingga kapasitas memori lebih luas. Lalu apakah benar ponsel generasi ini mengalami peningkatan? Atau justru mengalami penurunan?

Untuk melihat jawabannya lebih lanjut, mari kita simak ulasan dari Teknoking.ID kali ini hingga akhir. Berikut 6 perbedaan Vivo Y35 dan Vivo Y36. Selamat membaca!

Spesifikasi Vivo Y35

  • layar                               : IPS LCD 6.58 inci
  • chipset                           : Qualcomm Snapdragon 680
  • RAM                              : 8 GB
  • memor internal           : 128 GB
  • kamera                          : 50 MP wide, 2 MP macro, 2 MP depth
  • baterai                           : Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi Vivo Y36

  • layar                             : IPS LCD 6.64 inci
  • chise                             : Qualcomm Snapdragon 680
  • RAM                             : 8 GB
  • memori internal         : 256 GB
  • kamera                         : 5 MP wide, 2 MP depth
  • baterai                          : Li-Po 5000 mAh

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Kamus di Keyboard HP Vivo

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36

Jika dilihat secara umum kedua ponsel seri Y ini tidak memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Hal ini dianggap wajar sebab keduanya berada dalam seri yang sama dengan jarak hanya satu generasi atau kakak adik. Meski begitu keduanya telah hadir dengan sejumlah perbedaan. Brikut penjelasan singkatnya :

1. Tampilan Desain Lebih Mewah dan Elegan

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 yang pertama terletak pada tampilan desain yang terlihat lebih mewah dan elegan. Sepertinya Vivo sendiri sebagai salah satu brand besar tidak pernah main – main dalam memberikan tampilan desain terbaiknya dalam setiap produk yang dirilisnya, termasuk pada Vivo Y series ini.

Untuk Vivo Y35 hadir dengan dua warna pilihan yang cukup menarik perhatian, yakni Dawn Gold serta Agate Black. Untuk kedua varian warna ini sepertinya Agate Black menjadi primadonanya, sebab bodi bagian belakangnya memancarkan efek hologram berpola garis X saat terkena paparan cahaya.

Meski begitu kedua varian warna tersebut sama – sama mendapatkan finishing berteknologi Crystaline Matte. Maka dari itu wajar saja jika bodi bagian belakangnya sudah bisa bertahan terhadap goresan serta noda sidik jari. Lalu bagaimana dengan tampilan Vivo Y36?

Ia hadir dengan desain yang lebih mewah. Memiliki dua varian warna pilihan yakni Glitter Aqua serta Meteor Black, untuk teknologi bagian bodi belakangnya dari Dynamic Glass Design yang pertama kali hadir pada lini Y Series. Jika dilihat secara desain, maka varian warna Gliter Aqua menjadi yang paling menarik.

Ia mampu menghadirkan warna seperti kilauan air danau yang terkena paparan cahaya. Hasil tersebut didapatkan dari kombinasi antara Dynamic Glass Design dengan Golden Ripple process dan Fluorite AG Glass. Selain itu Y36 series ini mempunyai Frame atau garis luar di bagian modul kamera yang membuatnya terlihat lebih unik.

Vivo sendiri menamainya sebagai Fantasy Frame sebab bisa memancarkan warna pelangi saat terkena cahaya. Jika dilihat sekilas maka hampir sama dengan bagian belakang kaset yang bisa memunculkan warna pelangi yang cantik dan menarik.

Dengan sederet teknologi yang dipakai pada bodi bagian belakang, wajar saja jika kedua ponsel dari Vivo ini lebih nyaman saat di genggaman. Terlebih lagi tepi kaca bagian depannya mempunyai desain 2,5D yang tidak terasa tajam saat digenggam.

Untuk ketebalan serta dimensinya juga pas sekali di tangan, dimana Vivo Y35 mempunyai dimensi 164,3 x 76,17 x 8,07 mm dengan bobot sekitar 202 gram. Satu lagi yang cukup menarik dari kedua ponsel ini adalah adanya sertifikasi IP.

Selain itu meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni 2 hingga 3 jutaan saja, namun keduanya dibekali sertifikasi IP54 yang membuat ponsel lebih tahan debu dan percikan api.

Baca juga: Cara Screenshot HP Vivo Y22

2. Kemampuan Kecerahan Layar

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 yang kedua adalah dari segi kemampuan kecerahan layar. Sebenarnya perbedaan layar ini tidak begitu terlihat bahkan saat digunakan. Hanya saja terdapat  perbedaan pada data atau spesifikasinya keduanya saja. untuk Vivo Y35 memiliki kemampuan kecerahan layar yang lebih kecil yakni 550 nit.

Meski begitu ia juga dibekali dengan mode Sunligh Screen yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecerahan saat digunakan di luar ruangan. Untuk Vivo Y36 sendiri memiliki kemampuan kecerahan yang lebih tinggi yakni 650 nit. Angka tersebut merupakan standar kecerahan bagi sebuah ponsel pinar agar bisa  terlihat saat digunakan di luar ruangan.

Jadi intinya kedua ponsel tersebut masih bisa digunakan di luar ruangan. Lalu kita lihat dari spesifikasi layar keduanya. Sepertinya layar yang digunakan tidak jauh berbeda, mulai dari panel yakni IPS LCS yang mempunyai kemampuan menampilkan warna lebih tajam.

Selain itu resolusinya juga hampir sama yakni Full HD plus yang dilengkapi dengan P3 color gamut yang membuat layarnya tampak lebih impersif. Untuk refresh ratenya juga menggunakan angka yang sama yakni 90 Hz. Menariknya terdapat fitur smart switch yang bisa dipakai agar refresh rate bisa berubah secara otomatis ke 60 Hz.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi ketahanan baterai ponsel. Memang kemampuan layar kedua ponsel ini secara garis besar terlihat sama, namun jika dilihat secara tampilan serta ukuran layarnya sebenarnya memiliki sedikit perbedaan yakni Vivo Y3 dibekali layar berukuran 6.58 inci, meski terbilang lebar namun tampilan layarnya masih terlihat jadul dan sempit.

Selain itu Vivo Y35 masih memakai desain water drop untuk notch tempat kameranya. Lalu  untuk Vivo Y36 sendiri hadir lebih modern karena memakai desain punch hole. Terlebih lagi desain bezel yang mengelilinginya tidak terlalu tebal termak bagian dagunya.

3. Kapasitas Memori Diperluas

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 ketiga adalah dari sektor kapasitas memorinya yang diperluas. Vivo Y35 yang hadir sebagai pendahulu dengan tipe dan harga yang lebih rendah tentu saja kapasitas memori yang ditawarkan pastinya juga lebih kecil.

Untuk RAM yang ditawarkan kedua ponsel ini masih sama yakni 8 GB berjenis LPDDR4X yang masih bisa diperluas hingga 8 GB. Nah untuk memori internal Vivo Y35 hanya sebesar 128 GB saja, sedangkan untuk Vivo Y36 bisa menawarkan RAM hingga 256 GB. Keduanya memang dianggap wajar sebab harga rilis keduanya agak jauh.

Kabar gembiranya kedua ponsel ini masih bisa memperluas kapasitas memori internal dengan microSD hingga 1 TB. Nah jika kita membicarakan soal performa keduanya sepertinya Y36 jauh lebih unggul dari pendahulunya. Padahal chipset yang digunakan keduanya masih sama yakni dari Qualcomm Snapdragon 680.

Alasan utamanya adalah dari maslah kapasitas memori yang digunakan. Sebagai sumber tenaganya menggunakan Snapdragon 680 yang memiliki proses manufaktur 6 nm serta prosesor octa-core. Terdiri dari empat core kryo 265 Gold berbasis Cortex A73 (2,4 GHz) untuk performa. Selain itu dilengkapi juga dengan core kryo 265 Silver berbasis corex A53 (1,9 GHz) sebagai efisiensi daya.

Lalu untuk urusan grafisnya, chipset ini mengandalkan kepada GPU Adreno 610 dengan frekuensi 950 MHz. Berkat kapasitasnya yang luas, maka Chipset ini mampu bekerja lebih lancar saat diajak multitasking. Bahkan kedua ponsel cocok sekali untuk gaming.

4. Konfigurasi Kamera

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 keempat adalah dari segi konfigurasi kameranya. Jika dilihat dari sektor kameranya sepertinya ponsel penerus bukan hanya mengalami peningkatan namun juga mengalami penurunan kemampuan. Hal ini terlihat dari sektor kamera  Vivo Y36 justru mengalami sedikit penurunan atau Downgrade.

Untuk seri Y35 sudah cukup baik dengan bekal tiga buah kamera di bagian belakangnya yang terdiri dari kamera utama beresolusi 50 M (f/1.8), kamera makro 2 M (f/2.4) serta depth 2 M (f/2.4) sebagai pelengkap. Sedangkan Vivo Y36 justru hadir dengan dua buah kamera saja di bagian belakang.

Dengan spesifikasi  kamera utama 50 M (f/1.8) serta kamera depth 2 M (f/2.4) sebagai pelengkap. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat disayangkan karena ponsel ini hanya mengadalkan kamera utamanya saja. Lalu untuk masalah perekaman video ternyata masih sama yakni mengandalkan perekaman 1080 dengan 30 fps saja.

Memang kedua kamera dari ponsel ini tidak jauuh berbada, atau bisa kita katakan tidak ada yang istimewa. Lalu kamera selfie atau kamera depan yang melekat pada keduanya memiliki kempuan yang sama dengan resolusi 16 M dengan kemampuan perekaman video 1080p dengan 3 fps.

5. Fitur NFC

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 yang kelima adalah dari segi fitur NFC. Dimana NFC ini merupakan singkatan dari Near Field Communication adalah teknologi konektivitas yang hampir sama dengan Bluetooth, Wifi dan lainnya. Dimana fungsi utama dari fitur ini adalah untuk menghubungkan dua perangkap dalam jarak tertentu.

Setelah keduanya terhubung maka bisa melakukan beberapa hal, mulai dari transfer file, mengoperasikan perangkat dari jarak jauh dan lainnya. Sedangkan NFC sendiri memiliki fungsi utama untuk mengecek saldo uang elektronik, melakukan transaksi digital dan lainnya dengan lebih praktis.

Biasanya NFC hadir pada ponsel yang harganya lebih murah, namun untuk Vivo Y35 ini ternyata tidak dibekali dengan fitur NFC ini. Sedangkan untuk Vivo Y36 sendiri sudah dilengkapi fitur NFC di dalamnya. Untuk jenis konektivitasnya sendiri tidak berbeda jauh.

Mulai dari jenis Bluetooth 5.0 pada vivo Y35 dan Bluetooth 5.1 pada Vivo Y36 hingga jenis wifi dalam band yang bisa melakukan Wifi direct.

6. Harga serta Ketersediaan

Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 yang terakhir terletak pada harga yang ditawarkan hingga ketersediaannya di pasaran. Kedua jenis ponsel ini memang sudah dirilis secara resmi di pasar Indonesia, meski Vivo Y35 sendiri hadir lebih awal karena memang ia merupakan kelas terdahulu.

Untuk Vivo Y36 hadir pada tahun 2023. Nah untuk anda yang menginginkan kedua ponsel ini bisa langsung datang ke konter HP atau  melalui ecommerce favori anda. Keduanya memiliki dua varian warna pilihan yang menarik . Untuk Y35 hadir dengan warna Dawn gold serta Agate Black berteknologi Crystaline Matte.

Untuk Vivo Y36 hadir dengan dua warna pilihan yakni Gliter Aqua serta meteor Black yang mengkombinasikan teknologi Dinamic Glass Design dengan Golden Ripple process dan Flourie AG Glass. Meski memiliki tampilan mewah serta spesifikasi yang cukup baik, namun kedua ponsel ini masih dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Untuk Vivo Y35 sendiri bisa dibeli dengan harga 2,8 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan internal 128 GB. Untuk Vivo Y36 bisa dibeli dengan harga lebih tinggi yakni sekitar 3,3 jutaan untuk varian RAM 8 GB dan internal 256 GB.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo

Kesimpulan

Vivo sebagai salah satu brand smartphone besar di Indonesia seperti tidak main – main dari segi desain produknya, termasuk Vivo Y35 dan Y36. Kedua ponsel hadir dengan keunggulannya masing – masing yang sesuai dengan kelasnya. Mulai dari Y35 hadir dengan teknologi Crystaline Matte, sedangkan Y36 mengkombinasikan teknologi dynamic Glass design dengan Golden Ripple process dan Flouurite AG Glass.

Keduanya juga dibekali dengan layar yang cukup imersif dengan layar luas serta beresolusi warna tajam. Untuk refresh keduanya dibekali 90 Hz dengan resolusi Full HD plus, meski untuk ukuran layar Y35 sedikit lebih kecil dan terliha jadul, namun keduanya terlihat  kece.

Karena Y36 merupakan seri lanjutan yang kelasnya juga lebih tinggi, maka tidak heran jika dibekai dengan memori internal yang lebih bisa diandalkan yakni mencapai 256 GB, sedangkan Y35 mentok di angka 128 GB saja. Meski begitu kedua ponsel bisa diperluas memorinya menggunakan microSD hingga 1 TB. Untuk chipset yang digunakan sama  sama dari Snapdragon 680.

Penutup

Sampai disini dulu informasi dari kami kali ini mengenai Perbedaan Vivo Y35 dan Y36 yang bisa Teknoking.ID sajikan untuk para pembaca sekalian. Semoga setiap informasi yang kami berikan bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO

Leave a Reply