Perubahan Drastis di Era Digital Mencari Pekerjaan Dulu vs Sekarang

Perubahan Drastis di Era Digital Mencari Pekerjaan Dulu vs Sekarang – Dulu kita mendapatkan informasi lowongan pekerjaan melalui koran, majalah, atau datang langsung ke tempat kerja yang dituju, sehingga mencari pekerjaan adalah aktivitas yang sangat melelahkan bagi banyak orang.

Terlebih lagi saat mengirim surat lamaran pekerjaan harus mengandalkan media fisik, dimana harus mengirim surat lamaran kerja secara manual dengan mengirimkan berkas atau dokumen melali jasa layanan pos.

Namun saat ini kemajuan teknologi hadir di tengah kehidupan manusia untuk meringankan pekerjaan kita, termasuk dalam mencari pekerjaan. Kita bisa lebih mengefisien waktu, dengan melakukan pencarian sekaligus melamar kerja anda harus keluar rumah, sebab saat ini semua bisa dilakukan secara online.

Kini internet telah menggantikan peran media fisik, seluruhnya bisa dilakukan selali gadget. Terlebih lagi banyaknya beredar situs pencari kerja resmi serta terpercaya semakin memudahkan proses mencari kerja, melamar, sampai mengatur jadwal wawancara kerja.

Kemudahan Mencari Kerja Secara Online

Kini semakin banyak ara calon pekerja atau mereka yang mencari pekerjaan yang memilih cara online karena pilihan ini dinilai lebih mudah dan cepat. Pertama pasca pandemi covid-19 dimana lebih banyak kegiatan dilakukan tanpa bertatap muka.

Lalu bagaimana sebenarnya internet memudahkan pencarian lowongan pekerjaan? Berikut penjelasannya :

  • Mesin pencari pekerjaan : Kini tidak bingung lagi tempat untuk mencari kerja sebab sudah banyak situs yang menyediakan pekerjaan seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet, dan lainnya yang menyediakan fitur mesin pencari kerja atau job serchengine. Anda bisa mencari posisi yang tersedia di berbagai perusahaan atau industri tertentu, berdasarkan jenis pekerjaan, lokasi, dan kriteria lainnya.
  • Website perusahaan : Kemudian lainnya juga bisa kita rasakan dimana biasanya tiap perusahaan memiliki web resmi. Dimana laman tersebut menyediakan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan, serta cara mengajukan lamaran.
  • Media sosial : Kini media sosial juga menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan, seperti Instagram, Facebook, TikTok, LinKedin dan lainnya. Anda bisa mencoba mengikutti akun perusahaan, berpartisipasi dalam grup yang relevan hingga berbagi informasi engenai pencarian pekerjaan mereka sendiri.
  • Aplikasi pencari kerja : Satu lagi kemudian dunia dgital yang bisa kita rasanya senyara nyaa yakni situs pencari kerja juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh menggnakan smartphone. Dengan begitu anda bisa terus update dan memperbaharui profil serta mencari pekerjaan yang cocok dengan preferensi mereka. Bahkan beberapa aplikasi memberi akses para penggunanya untuk melamar pekerjaan secara langsung dari aplikasi
  • Job fair online : Ada beberapa perusahaan maupun industri  mengadakan job fair online, dimana menampilkan posisi yang tersedia serta memberikan kesempatan langsung untuk berbicara dengan tim perekrutan.

Tips Mencari Kerja Secara Online

Meski cara online ini terbilang jauh lebih mudah dan cepat, namun tetap saja membutuhkan persiapan yang matang, seperti saat mencari lowongan kerja, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, samai interview online.

Dalam hal ini tentu saja internet memiliki peranan yang sanga besar, sehingga harus diperhatikan saat melakukan proses melamar. Berikut ada beberapa tips mencari kerja secara online, diantaranya :

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Internet memang menjadi hal utama yang harus diperhatikan, dimana saat menjalankan prosesnya membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Maka dari itu pastikan provider internet yang digunakan mampu memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Salah satu solusi untuk hal ini adalah memakai jaringan internet fiber optik atau beberapa provider lainnya. Dengan koneksi internet yang cepat bisa membuat proses melamar kerja secara online lebih optimal, mulai dari mengirim dokumen hingga melakukan interview online.

2. Gunakan Situs dan Aplikasi Pencari Kerja Resmi

Tips kedua adalah menggunakan situs atau aplikasi pencari kerja resmi. Karena ada banyak sekali pilihan aplikasi maupun situs yang beredar, maka dari itu pastikan mereka resmi dan terpercaya. Dengan begitu anda bisa mendapat jaminan penanganan secara profesional bisa terjadi isue.

Jika anda tidak mengerti cara mengetahui sius maupun aplikasi tersebut resmi atau tidak maka bisa melihat daftar perusahaan terferivikasi yang ada serta ulasan dari para pencari serta penyedia pekerjaan. Selain itu mereka juga diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Hal ini memang menjadi sangat penting karena bisa menghindari penipuan berkedok perusahaan yang mengincar pelamar kerja dengan meminta sejumlah uang agar lamaran bisa diproses.

3. Buat Halaman Profil yang Menarik

Pastikan juga anda membuat halaman profil yang menarik dengan mengunggah foto yang rapi, sopan serta terlihat profesional. Selain itu sertakan pula deskripsi diri singkat, serta informasi pribadi mulai dari nama lengkap, alamat email dan nomor telepon.

Pastikan juga anda mengunggah CV atau Resume terbaru yang berisi data diri serta mencantumkan informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Untuk yang tidak memiliki pengalaman kerja permanen maka bisa mencantumkan pengalaman magang, part-time, freelance, atau proyek  lain yang pernah anda kerjakan.

Penutup

Sampai disini dulu ulasan singkat dari Teknoking.ID kali ini mengenai Perubahan Drastis Di Era Digital Mencari Pekerjaan Dulu vs Sekarang. Semoga bisa bermanfaat dan membantu para pencari kerja yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan. Sekian dan Terima kasih.

Baca juga: Harga Youtube Premium 2023 Terbaru

Leave a Reply